Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Reklamasi, Yusril : HGB Tak Dikeluarkan, Wanprestasi Bisa Digugat Oleh Pengembang”

Terkait Reklamasi, Yusril : HGB Tak Dikeluarkan, Wanprestasi Bisa Digugat Oleh Pengembang”

Jakarta – Kembali membahas perihal Pulau Reklamasi, Yusril Ihza Mahendra menegaskan bahwa dalam sejarahnya Pulau Reklamasi diinisiasi oleh pemerintah pusat.

Terkait Reklamasi, Yusril : HGB Tak Dikeluarkan, Wanprestasi Bisa Digugat Oleh Pengembang"

Dalam sebuah diskusi di Jakarta, dirinya mengungkapkan jika “Persoalan reklamasi ini panjang. Masyarakat kurang mendapat informasi yang cukup, sebenarnya yang punya hajat melaksanakan reklamasi ini kan pemerintah pusat,”

Yusril juga menjelaskan secara prakteknya dimana pemerintah pusat dan Pemda DKI mengundang swasta untuk melaksanakan reklamasi di Teluk Jakarta. Dalam perjanjian tersebut, pihak swasta melaksanakan pembangunan sesuai dengan desain yang disodorkan pemerintah dengan dibiayai pihak swasta.

Kesepakatannya, menurut Yusril, jika reklamasi sudah selesai maka akan dikeluarkan hak pengelolaan lahan (HPL) atas nama Pemda DKI dan hak guna bangunan (HGB) atas nama pengembang yang mengerjakan reklamasi itu. Dalam perjanjian, kata dia, disebutkan Pemda DKI berkewajiban membantu mengurus perizinan termasuk hak atas tanah itu.

“Jadi kalau sekiranya itu pekerjaan reklamasi Pulau D sudah selesai dan HPL atau HGB-nya tak dikeluarkan, nah yang wanprestasi itu siapa? Yang wanprestasi bisa digugat oleh pengembang,” ujar dia.

“Kalau ganti rugi kan Pemda DKI harus bayar pakai APBD. Kalau pake APBD kan rakyat juga yang jadi beban. Jadi harus ada satu diskusi yang panjang dan solusi baik untuk sikapi persoalan ini,” ungkapnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jurkam Prabowo-Sandi Minta Laporan Soal Luhut dan Sri Mulyani Segera Ditindaklanjuti Bawaslu

Jurkam Prabowo-Sandi Minta Laporan Soal Luhut dan Sri Mulyani Segera Ditindaklanjuti Bawaslu

Jakarta – Saleh Partaonan Daulay selaku juru kampanye Prabowo-Sandiaga meminta Bawaslu untuk segera menindaklanjuti dua ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135