Home > Ragam Berita > Nasional > Awas, Beredar Kabar Hoaks Terkait Pengumuman Tes CPNS di WA

Awas, Beredar Kabar Hoaks Terkait Pengumuman Tes CPNS di WA

Jakarta – Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa soal tes CPNS yang baru-baru ini beredar melalui pesan singkat WhatsApp (WA) adalah palsu. Butir soal ujian yang dibuat dalam bentuk file PDF dan di simpan di Google Drive adalah soal ujian palsu.

Awas, Beredar Kabar Hoaks Terkait Pengumuman Tes CPNS di WA

Ilstrasi tes CPNS

Indikasinya adalah tahunnya masih tertulis 2015 dan ada keterangan Kemendiknas. Padahal sudah lama Kemendiknas diubah jadi Kemendikbud.

Ridwan menegaskan bahwa BKN sangat menjaga kerahasiaan soal ujian. Soal ujian tersebut sudah dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian soal yang sudah dienkripsi itu diinjeksi ke sistem CAT (computer asissted test) BKN.

“Disaksikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tim QA BPPT, serta kementerian lembaga anggota Panselnas CPNS lainnya,” kata Ridwan, Sabtu (13/01/2018).

Baca juga : Video Puluhan Sopir Angkot Keroyok Driver Ojek Online di Medan

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan bahwa pengamanan soal ujian CPNS baru dijaga dan diawasi secara berlapis. Kemudian server BKN untuk menyimpan naskah ujian itu tidak tersambung ke internet. Sehingga kecil kemungkinan untuk diretas oleh orang lain.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman. Herman mengatakan bahwa masyarakat harus mewaspadai dan tidak mudah percaya kabar-kabar terkait tes CPNS baru.

“Kami pastikan informasi soal ujian CPNS baru itu hoax alias palsu,” kata Herman, Sabtu, (13/01/2018).
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Awas, Kapolri Berikan Ancaman Untuk Para Penimbun Beras

Awas, Kapolri Berikan Ancaman Untuk Para Penimbun Beras

Jakarta – Satgas Pangan Mabes Polri bakal terus memantau suplai beras baik itu dari pihak ...