Home > Teknologi > Sains > Wow, Orangutan Ternyata Juga Gunakan Obat Anti Inflamasi Saat Pegal

Wow, Orangutan Ternyata Juga Gunakan Obat Anti Inflamasi Saat Pegal

Jakarta – Salah satu spesies binatang yang dipercaya sangat ‘dekat’ hubungannya dengan perilaku manusia adalah orangutan.

Wow, Orangutan Ternyata Juga Gunakan Obat Anti Inflamasi Saat Pegal

Peneliti di Borneo Nature Foundation bahkan menemukan perilaku pengobatan yang dilakukan orang utan ternyata tidak jauh berbeda dengan manusia.

Orangutan di sana juga menggunakan tanaman seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Kalimantan untuk mengobati radang sendi dan otot.

Para peneliti dari Borneo Nature Foundation bersama dengan peneliti internasional lainnya melakukan pengamatan panjang terkait hal ini, termasuk mengumpulkan 20.000 jam data pengamatan orangutan liar di hutan Sabangau, Kalimantan Tengah sejak 2003.

Dari sejumlah pengamatan terlihat bahwa orangutan menggunakan tanaman Dracaena cantleyi guna melakukan pengobatan.

Dalam gambar terlihat seekor orangutan betina bernama Indy sedang mengunyah dedauan untuk menghasilkan busa berwarna putih. Busa ini lantas digosokan ke lengan kiri atas selama kurang lebih 7 menit, mirip manusia ketika menggunakan balsam.

“Untuk pertama kalinya, aktivitas pengobatan orangutan dikonfirmasi melalui penelitian ini,” kata Dr Ivona Foitova, peneliti dari Universitas Masaryk, Republik Ceko, Rabu (10/1/2018).

“Analisis laboratorium farmakologi membuktikan ekstrak daun Dracaena cantleyi memiliki sifat anti inflamasi,” tambahnya.

“Ini adalah berita yang menarik karena penelitian ini mengkonfirmasi bagaimana orangutan dapat melakukan pengobatan sendiri, dan temuan ini sepengetahuan kami merupakan kali pertamanya dalam hal pengaplikasian anti inflamasi pada hewan,” ujar Foitova.

Sebagian besar orangutan betina mengobati sakit mereka dengan cara ini untuk menenangkan otot dan persendian yang terasa pegal akibat membawa bayi mereka melalui pepohonan di hutan Kalimantan.

Penelitian akan terus dilakukan, termasuk untuk mengetahui apakah ada jenis tanaman lainnya yang digunakan untuk pengobatan mereka.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Bernilai Ratusan Miliar Rupiah, Begini Cara Mengambil Racun Kalajengking

Bernilai Ratusan Miliar Rupiah, Begini Cara Mengambil Racun Kalajengking

Jakarta – Belakangan ini ramai dibicarakan soal racun kalajengking setelah Presiden Joko Widodo, pada Senin ...