Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Kabar Hoaks Upaya Mengadu Anies Dengan Sandiaga

Beredar Kabar Hoaks Upaya Mengadu Anies Dengan Sandiaga

Jakarta – Persoalan mahar politik yang beredar belakangan ini ternyata disalah gunakan beberapa situs media untuk dijadikan berita hoaks. Bahkan ada beberapa situs yang menyangkutkan nama Anies Baswedan yang berisikan disinformasi berita yang salah satunya beralamat republiknkri.net.

Beredar Kabar Hoaks Upaya Mengadu Anies Dengan Sandiaga

Situs itu membuat judul, Anies Baswedan: Pak Sandi Bilang Habis Rp 108 Miliar di Pilkada DKI, Mungkin Dia Kurang Tidur, Begini Penjelasan Anies.

Tentu saja denga adanya judul ini, maka para pembaca berkemungkinan utnuk langsung menyimpulkan tanpa membaca isi terlebih dahulu. Siapa pun akan berkemungkinan untuk berpikiran bahwa Anies menyerang wakilnya, Sandiaga Uno.

Ternyata setelah dibaca lebih lanjut, tidak ada statement atau kutipan langsung dari Anies yang mengatakan bahwa wakilnya kurang tidur.

Tulisan dari blog tersebut justru berasal dari portal berita Kompas. Judul berita aslinya, Anies: Tak Ada Mahar pada Pilkada DKI. Kemarin Itu Iuran.

Berita tersebut diunggah pada 12 Januari 2018. Ketika itu Anies yang berada di balai kota diwawancara oleh media terkait dengan pernyataan La Nyalla Mattalitti yang merasa dimintai uang oleh Partai Gerindra sebagai mahar politik untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Berstatus Tersangka, Polisi Bakal Panggil Sam Aliano

Berstatus Tersangka, Polisi Bakal Panggil Sam Aliano

Jakarta – Seorang pengusaha bernama Sam Aliano telah ditetapkan statusnya sebagai tersangka atas dugaan kasus ...