Home > Ragam Berita > Internasional > Bill Gates Lunasi Seluruh Utang Nigeria ke Jepang Untuk Pemberantasan Polio

Bill Gates Lunasi Seluruh Utang Nigeria ke Jepang Untuk Pemberantasan Polio

Jakarta – Pendiri Microsoft, Bill Gates, berkomitmen untuk melunasi utang Nigeria ke Jepang sebesar Rp 950 miliar yang digunakan untuk program pemberantasan polio.

Bill Gates Lunasi Seluruh Utang Nigeria ke Jepang Untuk Pemberantasan Polio

Utang tersebut didapatkan melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu. Dengan bantuan tersebut, sejak 2017 lalu Nigeria dinyatakan telah bebas dari polio.

Namun demikian, karena keadaan perekonomian Nigeria yang masih termasuk di dalam negara miskin di dunia, utang tersebut hingga kini masih belum terbayar lunas.

Karena hal itu, Bill Gates yang selama ini terjun di kegiatan filantropi lantas mengumumkan akan melunasi utang tersebut.

Bill Gates memang dikenal memiliki kekayaan yang sangat luar biasa dan namanya selalu menempati urutan pertama dalam daftar orang terkaya di dunia. Hanya pada 2017 lalu, nama Bill Gates duduk di peringkat kedua dengan kekayaan mencapai USD 91,8 miliar dolar atau sekitar Rp 1.243 triliun.

Bill Gates dan sang istri, Melinda Gates, memang telah tujuh tahun belakangan ini berkeliling dunia untuk memerangi polio.

Dihimpun dari GlobalCitizen, Selasa (16/1/2017), selain Nigeria, mereka juga telah terjun membantu India. Yang dulunya merupakan negara dengan wabah polio terbesar di dunia kini India telah bersih dari penyakit tersebut.

Untuk ke depan, Bill and Melinda Gates Foundation akan memfokuskan diri membantu negara Pakistan dan Afghanistan yang masih menjadi ‘sarang polio’ di dunia.

“Beberapa orang, terutama belakangan ini, berpikir bahwa dunia semakin buruk. Progres pada polio menjadi pengingat bahwa sesama manusia bisa mencapai sesuatu ketika bahu-membahu,” kata Bill Gates beberapa waktu lalu.

“Membantu negara-negara lain melawan kemiskinan dan penyakit membuat dunia lebih stabil dan orang-orang Amerika lebih aman di mana pun,” tambahnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Geledah 10 Lokasi Terkait Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

KPK Geledah 10 Lokasi Terkait Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah 10 lokasi, termasuk kediaman bos Lippo Group ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135