Home > Ragam Berita > Nasional > Airlangga Rangkap Jabatan, PKS Sindir Keras Jokowi

Airlangga Rangkap Jabatan, PKS Sindir Keras Jokowi

Jakarta – Baru-baru ini, langkah Presiden Joko Widodo yang mengizinkan Airlangga Hartarto rangkap jabatan sebagai Menteri Perindustrian dan Ketua Umum Partai Golkar, mendapat kritikan dari Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.

Airlangga Rangkap Jabatan, PKS Sindir Keras Jokowi

Presiden Jokowi dinilai telah mengkhianati amanah yang diberikan rakyat kepadanya. Mardani merasa yakin jika posisi Airlangga yang juga merupakan ketua umum partai politik akan mengganggu kinerjanya sebagai menteri perindustrian. Terlebih lagi, Airlangga merangkap ketua umum parpol di menjelang pilkada serentak 2018 dan pilpres 2019.

“Perangkapan jabatan mengkhinati amanah bahwa kepemimpinan itu berat dan fokus,” kata Mardani saat dihubungi, Kamis (18/1/2018).

“Merangkap ketua partai di tahun politik, kemungkinan akan banyak dibebani target-target politik,” kata anggota komisi II DPR RI ini.

Langkah Jokowi yang mengizinkan pembantunya rangkap jabatan tersebut juga dinilai bisa tidak konsisten. Pasalnya, pada awalnya, Jokowi diketahui sempat berjanji menterinya dilarang merangkap jabatan.

“Beliau sendiri yang mengatakan jangan rangkap jabatan. Ini memberi contoh buruk ke publik,” kata dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi sempat memberikan alasannya mengapa dirinya mengizinkan Airlangga rangkap jabatan. Jokowi mengatakan bahwa kerja kabinet saat ini hanya tersisa satu tahun. Oleh sebab itu, tak efektif jika dilakukan pergantian di pos menteri perindustrian.

“Kita tahu Pak Airlangga ini kan di dalam, sudah jadi menteri. Ini kan tinggal satu tahun saja praktis ini kita. Kalau ditaruh orang baru ini belajar bisa enam bulan, kalau enggak cepat bisa setahun kuasai itu,” kata Jokowi usai melantik menteri dan pejabat baru hasil reshuffle kabinet jilid III, di Istana Negara, Rabu (17/1/2018).

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

DPR Mengaku Prihatin Dengan Laporan Mengenai Masjid Yang Terpapar Radikalisme

DPR Mengaku Prihatin Dengan Laporan Mengenai Masjid Yang Terpapar Radikalisme

Jakarta – Ace Hasan Syadzily sempat mengungkapkan kekhawatirannya terkait laporan adanya sejumlah masjid di kementerian, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135