Home > Unik > Aneh > Isu Uang Logam Rp 500 Tahun 1991 Yang Disebut Mengandung Emas

Isu Uang Logam Rp 500 Tahun 1991 Yang Disebut Mengandung Emas

Jakarta – Bukan lagi isu baru mengenai uang logam Rp 500 tahun 1991 yang diisukan mengandung emas. Pasalnya, jika uang tersebut dilihat, akan tampak kuning mengkilat seperti emas asli.

Isu Uang Logam Rp 500 Tahun 1991 Yang Disebut Mengandung Emas

Walaupun saat ini sudah berganti dengan bahan lain, namun masih banyak orang merasa penasaran dan bertanya-tanya, benarkah uang logam lima ratusan berwarna kuning keluaran tahun 1991 mengandung emas?

Ternyata inilah fakta dibalik pembuatan uang logam tersebut :

1. Biaya produksi uang

Biaya produksi uang koin meliputi nilai bahan baku dan teknologi (nilai interinsik) harus lebih rendah dari nominal yang tertera. Artinya, sebuah uang koin 500an pasti dibuat dengan biaya kurang dari Rp 500.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri pada 29 Mei 2013 silam. Meskipun terlihat mengkilat, uang 500-an keluaran tahun 1991 tidak mengandung emas.

2. Bahan pembuat uang

Lalu, apa yang membuat uang ini terlihat berwarna kuning cemerlang dan tak cepat pudar meski sudah sangat lama? Hal itulah yang membuat masyarakat menduga uang ini mengandung emas.

Kenyataannya, pemerintah menggunakan alumunium brown sebagai bahan pembuatan uang Rp 500. Sifatnya yang tak mudah berubah warna membuat logam ini disangka sebagai emas.

3. Bahan untuk membuat uang logam di Indonesia

Pada umumnya, uang koin rupiah dibuat dengan bahan utama dari logam di antaranya alumunium, nikel, dan kuningan. Namun, bahan yang paling sering digunakan adalah alumunium karena produksinya yang melimpah dan harganya cenderung lebih murah.

4. Uang logam keluaran Bank Indonesia ada yang benar-benar mengandung emas

Ternyata, Bank Indonesia pernah mengeluarkan uang koin yang mengandung logam mulia berharga fantastis itu lho. Tapi, uang itu hanya dibuat sebagai koleksi Bank Indonesia saja.

Uang keluaran BI yang mengandung emas ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Keberadaan Kelompok Pendukung Bumi Datar di Indonesia Tak Lepas Dari Peran Sosok Ini

Keberadaan Kelompok Pendukung Bumi Datar di Indonesia Tak Lepas Dari Peran Sosok Ini

Jakarta – Tak ada yang tahu banyak perihal sosok bernama BossDarling, dia adalah sosok yang ...