Home > Ragam Berita > Nasional > LSI Beberkan Peta persaingan Parpol untuk Pemilu 2019

LSI Beberkan Peta persaingan Parpol untuk Pemilu 2019

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Golkar diprediksi akan bersaing dalam Pemilu Legislatif 2019.

LSI Beberkan Peta persaingan Parpol untuk Pemilu 2019

Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Januari 2018 menunjukkan hanya dua partai politik ini yang memiliki elektabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan suara Pemilu Legislatif 2014.

“Kemungkinan tren persaingan ini akan terus berlanjut sampai Pemilu Legislatif 2019 digelar satu tahun dari sekarang,” kata peneliti LSI, Rully Akbar di kantor LSI, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

PDI-P, berdasarkan survei LSI, memperoleh suara 22,2 %. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan suara partai banteng pada Pemilu Legislatif 2014 sebesar 18,95 %.

Sementara itu, Partai Golkar memperoleh 15,5 % suara di survei LSI. Angka ini lebih tinggi dari perolehan suara partai beringin di Pemilu Legislatif 2014 lalu, yakni 14,75 %. “Sementara partai lain cenderung stagnan dan turun suaranya dibandingkan dengan hasil Pemilu Legislatif 2014,” kata Rully.

Baca juga: Dinsos Banten Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Banten

Menurut Rully, persaingan PDI-P dan Golkar dalam memperebutkan suara pemilih sudah terlihat dari sekarang. Suara Golkar terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir, sementara PDI-P mengalami penurunan.

Pada survei LSI Agustus 2017, elektabilitas partai Golkar hanya 11,6 %. Pada Desember 2017, elektabilitas Golkar naik menjadi 13,8 % dan Januari 2018 naik lagi menjadi 15,5 %. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JK : Pemerintah Harus Pertimbangkan Penambahan Dana untuk Asian Games

JK : Pemerintah Harus Pertimbangkan Penambahan Dana untuk Asian Games

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan, peluang pemerintah menambah dana untuk gelaran akbar pesta ...