Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menganggarkan biaya pembangunan tempat penampungan sementara (TPS) bagi pedagang Blok G Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat.

Sandiaga Beberkan Total Anggaran Pembangunan TPS Pedagang Blok G

“Total anggarannya sekitar Rp 20 miliar,” ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Dia mengatakan pemindahan sementara para pedagang Blok G merupakan langkah awal dalam proses renovasi pasar yang mulai sepi pembeli tersebut.

“Kami akan merelokasi teman-teman ke lahan yang berada di dekat Hotel Pharmin. Kami lagi negosiasi mudah-mudahan satu atau dua minggu selesai,” kata dia.

Sementara itu, Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, saat ini progres proses sewa lahan telah mencapai 90 persen. Ia mengatakan, penentuan harga sewa lahan akan dilakukan melalui Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

“Jadi ini prosesnya tinggal menunggu taksiran harga menurut KJPP dan penandatanganan MoU (dengan PT Astana Raharja),” kata Arief ketika dihubungi, Kamis (25/1/2018).

Baca juga: Kurir Narkoba di Lampung Ditembak Mati BNN

Menurut dia, posisi tanah tersebut saat ini sudah jelas. Arif membantah tudingan yang menyebutkan lahan tersebut telah disewa oleh PT Bintang Sinar Abadi.

Sebelumnya Sandi mengatakan, rencana relokasi pedagang Blok G Tanah Abang telah direncanakan sejak tahun 2016, namun masalah pengadaan lahan menjadi kendala. (Tita Yanuantari – harianindo.com)