Jakarta – Ada dua jembatan gantung yang melewati Kali Ciliwung, yaitu jembatan di RT 11 dan RW 12 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jembatan itu hanya beralaskan seng dan ditopang blok kayu.

Anies Prihatin Ada Jembatan Ala Indiana Jones di Perbatasan Jakarta dan Depok

Anies Prihatin Ada Jembatan Ala Indiana Jones di Perbatasan Jakarta dan Depok

Pegangan jembatan juga hanya sebatas sling baja yang disambungkan ke pohon. Beberapa tali pun terlihat rusak dan menjuntai tak teratur.

Jembatan itu juga tidak rata sepenuhnya. Bagian tengahnya bahkan miring beberapa derajat. Padahal jembatan itu menjadi akses warga baik dilewati pelajar maupun warga perbatasan Jakarta-Depok.

Mendengar hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba untuk memeriksa langsung kondisinya. Menurutnya, kondisi jembatan gantung tersebut sangat memprihatinkan dan ia berharap akan dapat segera ditangani dalam waktu dekat.

Baca juga : Unggah Foto Ini Dengan Menyebut Jalan Tol, Ustad Tengku Zulkarnain Tuai Cibiran Netizen

“Ini seperti di (film) Indiana Jones. Akan kami siapkan jembatan baru,” kata Anies di lokasi, Minggu (21/01/2018).

Saat mengunjungi lokasi, Anies didampingi Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal, Lurah Srengseng Sawah Tubagus Mazruri dan Ketua RW 02 Nedi. Bahkan mereka juga mencoba berjalan dari ujung ke ujung melewati jembatan sepanjang 45 meter tersebut. anies juga sudah meminta kepada Dinas Bina Marga untuk segera membuat perhitungan detail mengenai jembatan gantung.

“Dalam waktu dekat,” tambahnya.

Tak hanya itu, Anies juga akan segera berkoordinasi dengan Pemkot Depok. Sebab jembatan tersebut berada di perbatasan antara Jakarta dan Depok. Anies yakin Pemkot Depok akan dengan senang hati bekerja sama.

“Ini kan untuk masyarakat juga. Apalagi di sini sering dipakai untuk lalu lalang,” katanya.
(Muspri-www.harianindo.com)