Home > Ragam Berita > Nasional > Hoaks Mengenai Kerajaan Saudi Akui Habib Rizieq Keturunan Ke-38 Rasulullah

Hoaks Mengenai Kerajaan Saudi Akui Habib Rizieq Keturunan Ke-38 Rasulullah

Jakarta – Sebuah situs dakwahmedia.co sudah memberikan klarifikasinya terkait kabar tentang penetapan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai keturunan Rasulullah ke 38 oleh Kerajaan Arab Saudi merupakan berita bohong alias hoax.

Hoaks Mengenai Kerajaan Saudi Akui Habib Rizieq Keturunan Ke-38 Rasulullah

Hoaks Mengenai Kerajaan Saudi Akui Habib Rizieq Keturunan Ke-38 Rasulullah

Dalam berita tersebut, terdapat foto Rizieq Shihab sedang berjalan dengan Raja Salman. Padahal sebenarnya foto tersebut merupakan hasil olah digital seniman Yohanes Paganda Halasan Harapan alias Agan Harapan.

Dilansir JPNN.com, Selasa (30/01/2018) salah satu media Indonesia juga pernah membahas karya Agan Harapan itu pada 6 Maret 2017 silam.

Kabar penetapan Rizieq sebagai keturunan Rasulullah oleh Kerajaan Arab Saudi juga disertai hak-hak istimewa. Hak-hak itu disebutkan juru bicara kerajaan.

Baca juga : FPI Tegaskan Bakal Sambut Kepulangan Habib Rizieq

“Beliau mendapat seluruh fasilitas kebutuhan kehidupan dunia untuk dipergunakan sepuasnya dan dilayani Kerajaan Arab Saudi (termasuk boleh tinggal di Saudi sesuai keinginannya).” Demikian potongan kabar hoax tersebut.

Meski begitu, berita hoax tersebut masih saja bertebaran di dunia maya. Kabar itu kerap disebarkan melalui blog-blog. Kebanyakan berita bersumber dari situs dakwahmedia.co.

Sepertinya tak sedikit dari netizen yang langsung percaya walau hanya membaca judul beritanya. Hal itu terlihat dari jumlah netizen yang menyebarkan secara berulang-ulang berita hoax tersebut.

Misalnya, akun Facebook Azhar Chalid yang menyebarkan link dari dakwahmedia.co ke grup United Muslim Cyber Army dengan judul Alhamdulillah. Penyemangat Perjuangan.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengamat Anggap Biasa Kritikan Mahasiswa Untuk Jokowi

Pengamat Anggap Biasa Kritikan Mahasiswa Untuk Jokowi

Jakarta – Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Zaadit Taqwa mengacungkan kartu kuning ...