Home > Ragam Berita > Nasional > Bukan Tindak Pidana, Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Eksepsi Ahok

Bukan Tindak Pidana, Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Eksepsi Ahok

Jakarta – Polisi memutuskan untuk menghentikan penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilaporkan oleh anggota Front Pembela Islam (FPI) sekaligus Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel Chaidir Hasan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Bukan Tindak Pidana, Polisi Hentikan Penyelidikan Kasus Eksepsi Ahok

Laporan terhadap Ahok ini terdaftar dengan LP/1232/XII/2016/Bareskrim pada 14 Desember 2016 terkait isi eksepsi Ahok di persidangan.

“Benar (penyelidikan laporan kasus Ahok dihentikan). Itu bukan penyidikan, tapi masih di giat penyelidikan,” ujar Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri Kombes Daddy Hartadi saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Penghentian laporan terhadap Ahok ini tertuang di dalam Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) Nomor B/78-Subdit I/I/2018/Dit Tipidum pada Rabu (24/1/2018).

Laporan terhadap Ahok ini berdasarkan pernyataannya saat membacakan eksepsi sebagai terdakwa kasus penistaan agama dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 13 Desember 2016 lalu.

Polisi memutuskan untuk menghentikan penyelidikan laporan ini setelah melakukan gelar perkara pada 6 September 2017 lalu.

Hasil gelar perkara menyimpulkan bahwa Ahok tidak melakukan tindak pidana karena eksepsi yang dibacakannya merupakan tangkisan yang memang diperintahkan oleh hakim untuk dibuat sebagai hak dari terdakwa yang dilindungi oleh KUHAP.

“Dengan demikian, bahwa apa yang dilakukan terlapor bukan merupakan tindak pidana,” ucap Daddy.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Dana Perbaikan SUGBK Ditaksir Tak Sampai 200 Juta, Anies Baswedan Batal Beri Bantuan

Dana Perbaikan GBK Ditaksir Tak Sampai 200 Juta, Anies Batal Beri Bantuan Dana

Jakarta – Usai Final Piala Presiden dilangsungkan pada, Sabtu (17/2/2018) silam, telah terjadi aksi pengerusakan ...