Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolres Aceh Utara Menampik Tudingan Gunduli Waria

Kapolres Aceh Utara Menampik Tudingan Gunduli Waria

Aceh Utara – Baru-baru ini, beredar berita bahwa personel Polres Aceh Utara dan polisi Syariah Aceh Utara, melakukan penangkapan waria, pada Sabtu (27/1/2018) silam. Dalam penangkapan tersebut, kurang lebih ada 12 waria yang terciduk ketika berada di salon di dua kecamatan di sana. Pasca dibekuk petugas, mereka dibawa ke Polres dan dibina.

Kapolres Aceh Utara Menampik Tudingan Gunduli Waria

Lantas, beredar kabar jika belasan waria tersebut digunduli oleh pihak kepolisan. Terkait penggundulan waria tersebut, Kapolres Aceh Utara, AKBP Untung Sangaji, pun angkat bicara. Untung mengungkapkan jika pihaknya tak melakukan penggundulan terhadap waria. Ia mengatakan bahwa pihaknya hanya memangkas rambut mereka (waria) layaknya seperti laki-laki.

“Tidak ada pengundulan rambut. Gundul itu kan artinya dibotakin dan mereka tidak dibotakin. Kami pangkas ada biar layaknya laki-laki yang tampak rapi dan bagus,” kata Untung Sangaji, pada Kamis (1/2/2018) silam.

Untung melanjutkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya terhadap belasan pria berperilaku kemayu tersebut, hanyalah merupakan operasi biasa. Petugas hanya mencari mereka, lantas membawa mereka ke polres dan dilakukan pembinaan.

“Itu hanya operasi biasa. Kita cari dan lakukan pembinaan dan Alhamdulillah mereka bisa baik dan tampak macho,” sebut Untung.

Dirinya menegaskan bahwa tidak ada perlakuan dan tindakan yang tak menghormati hak-hak kemanusiaan dalam penangkapan tersebut. Pria-pria itu kita latih ketegasannya, suaranya, langkah berjalannya, serta gayanya.

“Salah besar kalau ada yang menyebut kita perlakukan itu tidak manusiawi. Cuma dalam membina mereka kan harus tegas kitanya. Kan tidak mungkin dengan metode gemulai. Kita kerasin sedikit biar mereka berubah. Mereka pun bisa jadi baik seperti laki-laki seutuhnya,” tambah Untung Sangaji.

Usai dibina, mereka juga diberikan baju pria berkerah oleh pihak Kepolisian. Mereka pun menerima dan memakainya dengan senang hati.

“Intinya kita tidak memusuhi mereka. Kita tidak suka hanya perilakunya dan kita pun mencari mereka untuk dibina. Tidak ada tujuan lainnya seperti yang disebutkan di luar selama ini,” pungkas Untung.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Bawaslu Bakal Awasi Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam Jelang Pemilu

Ini Alasan Ma’ruf Amin Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi

Jakarta – Ma’ruf Amin menilai bahwa keputusan Jokowi memilihnya telah cukup menaikkan gengsi atau martabat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135