Home > Ragam Berita > Nasional > Kampus Asing Bakal Hadir di Indonesia, Bagaimana Nasib PTN dan PTS ?

Kampus Asing Bakal Hadir di Indonesia, Bagaimana Nasib PTN dan PTS ?

Jakarta – Sebuah peluang baru dibuka oleh Kemristekdikti dimana kali ini kampus asing akan mendapatkan kesempatan untuk beroperasional di Tanah Air. Tentu saja wacana ini menuai pro dan kontra.

Kampus Asing Bakal Hadir di Indonesia, Bagaimana Nasib PTN dan PTS ?

Karena itu Prof Mohamad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memutuskan untuk angkat bicara dengan memastikan perguruan tinggi asing tersebut tidak akan menggerus perguran tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Saat dimintai konfirmasi, dirinya berujar bahwa “Perguruan tinggi asing tidak akan menggerus perguruan tinggi dalam negeri karena segmennya berbeda,”

Lebih lanjut ia mencontohkan maraknya sekolah-sekolah internasional tak lantas membuat sekolah-sekolah negeri maupun swasta di Jakarta kekurangan siswa. Namun sebaliknya, mereka marak mendirikan sekolah internasional.

“Contohnya sekolah Bina Nusantara. Setelah ada Jakarta International School, mereka mendirikan kelas internasional,” tuturnya.

“Yang jelas kompetisi di Indonesia akan semakin sehat dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Kalau pendidikan tinggi tidak berkualitas yang menjadi korban adalah mahasiswa,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jakmania Rusak Fasilitas Stadion GBK, Jusuf Kalla : "Sama-Sama Menjagalah"

Jakmania Rusak Fasilitas Stadion GBK, Jusuf Kalla : “Kita Sama-Sama Menjagalah”

Jakarta – Beberapa waktu yang lalu, telah terjadi aksi pengerusakan di beberapa titik Stadion Utama ...