Home > Gaya Hidup > Inilah Alasan Mengapa Perempuan Lebih Percaya Zodiak Dibanding Pria

Inilah Alasan Mengapa Perempuan Lebih Percaya Zodiak Dibanding Pria

Jakarta – Ramalan bintang alias zodiak biasanya memberikan penjelasan lebih spesifik tentang percintaan, keuangan, karir, kesehatan dan yang lainnya. Meski memberikan penjelasan yang begitu detail, namun rupanya wanita lebih banyak percaya kepada ramalan zodiak daripada pria.

Inilah Alasan Mengapa Perempuan Lebih Percaya Zodiak Dibanding Pria

Ilustrasi

Dilansir dari Gallup News, Jumat (02/02/2018), hasil survei yang telah dilakukan pada tahun 2009 silam melaporkan bahwa sebanyak 28 persen wanita menjadikan ramalan zodiak sebagai sebuah pedoman dalam hidupnya.

Jajak pendapat yang dilakukan Gallup News pada 2009 tadi menunjukkan wanita dua kali lipat lebih banyak menemui cenayang atau peramal ketimbang pria. Perempuan juga cenderung lebih religius. Kepercayaan pada zodiak ini dapat dianggap sebagai efek dari kehidupan sosial yang lebih didominasi oleh pria.

Penulis dan profesor sosiologi dari Pitzer College, California, Amerika Serikat, Phil Zuckerman mengatakan bahwa sifat dan sikap lelaki yang cenderung mendominasi atau berkuasa membuatnya tak perlu mencari petunjuk dalam hidup karena dia bisa menentukan sendiri arahnya.

“Sedangkan perempuan beralih dengan mecari kenyamanan secara psikologis dengan mempercayai sesuatu yang supranatural,” ujarnya.

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Yang Membuat Seseorang Selingkuh

Ada pula pendapat dari Profesor Gad Saad dari Universitas Concordia, Kanada. Profesor Gad menyatakan bahwa perempuan cenderung mempercayai ramalan zodiak karena lokus kendali external.

Lokus kendali ini merupakan konsep psikologis yang mendefinisikan seberapa besar kendali yang dimiliki seseorang terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya. Seseorang dengan lokus kendali eksternal percaya mereka tidak memiliki banyak kendali terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya, sehingga dia berserah pada takdir.

Sebaliknya, seseorang dengan lokus kendali internal percaya mereka mampu mengontrol segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Secara statistik, wanita memang memiliki kecenderungan memiliki lokus kendali eksternal.

“Skor wanita lebih tinggi ketimbang pria dalam lokus kendali eksternal. Hal tersebut menjadi alasan mengapa perempuan lebih memercayai ramalan zodiak,” kata Profesor Gad.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Hai Para Cewek, Jangan Lakukan Lima Hal Ini Saat Kencan Pertama di Hari Valentine

Hai Para Cewek, Jangan Lakukan Lima Hal Ini Saat Kencan Pertama di Hari Valentine

Jakarta – Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine tinggal beberapa hari lagi. Bagi kamu yang ...