Home > Ragam Berita > Nasional > Usai Digenangi Air, Bidara Cina Kini Dibanjiri Sampah

Usai Digenangi Air, Bidara Cina Kini Dibanjiri Sampah

Jakarta – Sejumlah wilayah Ibukota DKI Jakarta kembali terendam oleh banjir. Salah satunya adalah kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur. Banjir di kawasan tersebut mengakibatkan tumpukan sampah perabot rumah tangga di jalan.

Usai Digenangi Air, Bidara Cina Kini Dibanjiri Sampah

Sampah, seperti kasur dan lemari, dibuang begitu saja di pinggir jalan. Salah satu warga di Jalan Tanjung Lengkong, Kelurahan Bidara Cina yang bernama Mahmud, tampak membersihkan lumpur, yang dibawa oleh arus banjir Jakarta kemarin.

“Sudah enggak bisa dipakai lagi mas. Disimpan juga percuma,” ujar Mahmud Amin, warga Bidara Cina, saat ditemui Tempo di rumahnya, Rabu, 7 Februari 2018. Saat ditemui, dia tengah sibuk mengangkut spring bed untuk dibuang.

Terpantau, bahwa tak sedikit warga yang membuang perabot mereka yang sudah usang dan tak terpakai di pinggir jalan. Terlebih lagi, Jalan Tanjung Lekong, dari RT 07 sampai RT 15, dipenuhi oleh tumpukan sampah perabot.

Selain perabotan rumah, ada juga sampah elektronik, seperti radio dan televisi rusak yang juga dibuang di pinggir jalan. Banjir setinggi dua meter memang telah menenggelamkan tujuh RT di Kelurahan Bidara Cina. Kurang lebih ada 700 warga yang harus rela mengungsi ke kantor Kelurahan Bidara Cina.

Kini, banjir tampak sudah surut di beberapa kawasan. Akan tetapi, masih ada sejumlah tempat yang terendam mencapai setinggi dada orang dewasa sehingga kantor Kelurahan Bidara Cina masih sesak dengan para pengungsi.

Disamping peralatan rumah tangga, tak sedikit kendaraan warga yang turut terendam oleh banjir. Di beberapa rumah, tampak sejumlah mobil yang terparkir di garasi. Menurut pengakuan warga, mobil dan sepeda motor tersebut turut terendam oleh banjir.

“Itu enggak dibuang mas. Dibenerin lah,” kata Mahmud.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ario Febriansyah Dikenakan Pasal Pidana dan UU ITE

Ario Febriansyah Dikenakan Pasal Pidana dan UU ITE

Jakarta – Ario Febriansyah, yang mengunggah foto sedang menginjak Al-Quran pada Senin (18/6), kini berurusan ...