Home > Ragam Berita > Internasional > Untuk Menangkap Penjahat, Polisi di Tiongkok Kini Dipersenjatai Kacamata Canggih

Untuk Menangkap Penjahat, Polisi di Tiongkok Kini Dipersenjatai Kacamata Canggih

Jakarta – Hampir semua polisi yang ada di Tiongkok tampak seperti memakai kacamata yang ditempelkan dengan kamera. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah kamera biasa, melainkan adalah kamera yang sanggup mengenali wajah seseorang. Kacamata itu juga sangat mempermudah kerja polisi dalam melacak penjahat.

Untuk Menangkap Penjahat, Polisi di Tiongkok Kini Dipersenjatai Kacamata Canggih

Kacamata tersebut dapat terhubung ke database internal tersangka. Oleh sebab itu, petugas bisa dengan cepat mencari penjahat yang sedang buron. Hingga kini, kacamata hitam tersebut telah membantu polisi menangkap tujuh tersangka.

Ketujuh orang yang ditangkap tersebut dituduh melakukan berbagai kejahatan seperti contohnya serangan hingga perdagangan manusia. Pihak Kepolisian Tiongkok juga telah mengidentifikasi 26 orang yang memakai ID palsu.

Kacamata berteknologi tinggi tersebut membantu petugas polisi mengambil foto seseorang yang mencurigakan dan kemudian membandingkannya dengan gambar yang tersimpan dalam data base internal. Apabila ada kecocokan, informasi seperti nama dan alamat orang tersebut lantas bakal dikirim ke petugas.

Namun, tak sedikit yang merasa khawatir dengan kehadiran teknologi tersebut. Para kritikus menilai bahwa teknologi itu bisa dimanfaatkan oleh pemerintah. Muncul rasa khawatir pemimpin otoriter Tiongkok bakal mengenakan kacamata hitam itu untuk melacak pembangkang politik atau minoritas.

Tiongkok memimpin dunia dengan teknologi pengenal wajah, mengingatkan warga agar tidak berbuat seenaknya. Negara ini juga membuat jaringan pengawasan dengan kamera terbesar di dunia. Ada 170 juta kamera CCTV di sudut-sudut jalan dan 400 juta lainnya akan dipasang tiga tahun ke depan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Perempuan di Inggris Ini Pasang Iklan Penjualan Bom

Perempuan di Inggris Ini Pasang Iklan Penjualan Bom

London – Seorang ibu di Inggris menjual sebuah bom sisa Perang Dunia II di situs ...