Home > Ragam Berita > Nasional > PVMBG Turunkan Status Gunung Agung ke Level Siaga

PVMBG Turunkan Status Gunung Agung ke Level Siaga

Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral secara resmi menurunkan status Gunung Agung dari level IV (awas) ke level III (siaga).

PVMBG Turunkan Status Gunung Agung ke Level Siaga

Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan keputusan ini berdasarkan hasil analisis data visual dan kegempaan, serta memerhatikan potensi ancaman bahaya Gunung Agung.

“Meski status sudah diturunkan, Gunung Agung masih berpotensi erupsi, sehingga semua pihak diharapkan tetap siaga,” kata Kasbani pada Sabtu (10/2/2018).

Kasbani mengatakan radius aman Gunung Agung diturunkan dari enam kilometer (km) menjadi empat km dari puncak kawah. Dalam kurun waktu sebulan terakhir, frekuensi erupsi menurun, terakhir 24 Januari 2018 atau sekitar 17 hari lalu.

Volume kubah lava di permukaan kawah tidak mengalami perubahan signifikan, masih berkisar sekitar 20 juta meter kubik atau sepertiga volume kosong kawah. Tren kegempaan 2018 cenderung menurun, meski sesekali masih berfluktuasi.

“Energinya belum signifikan, sehingga jika erupsi dampaknya diperkirakan lebih sempit ketimbang erupsi November 2017,” ujar Kasbani.

Deformasi gunung suci umat Hindu Bali tersebut relatif stagnan dan lajunya rendah. Ini mengindikasikan akumulasi tekanan akibat pergerakan magma masih terjadi, namun belum signifikan.

Baca juga: Prabowo Tegaskan Tidak Tolak Maju sebagai Capres

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar hari ini menunjukkan tidak terdapat adanya aktivitas kegempaan di sekitar Gunung Agung selama 24 jam terakhir. Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan mengatakan data satelit juga tidak mengidentifikasi daerah yang terdampak abu vulkanis.

“Hasil analisis sebaran abu vulkanis Gunung Agung yang berindikasi mengganggu penerbangan dan bandara juga tidak teridentifikasi,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bawaslu Bakal Awasi Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam Jelang Pemilu

Ini Alasan Ma’ruf Amin Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi

Jakarta – Ma’ruf Amin menilai bahwa keputusan Jokowi memilihnya telah cukup menaikkan gengsi atau martabat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135