Home > Ragam Berita > Ekonomi > Sri Mulyani Ungkap Kerugian Negara Yang Diakibatkan Karena Narkotika

Sri Mulyani Ungkap Kerugian Negara Yang Diakibatkan Karena Narkotika

Jakarta – Catatan sepanjang bulan Januari 2018, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil membongkar tiga kasus penyelundupan narkotika yang terjadi di Aceh dan Medan.

Sri Mulyani Ungkap Kerugian Negara Yang Diakibatkan Karena Narkotika

Sri Mulyani Ungkap Kerugian Negara Yang Diakibatkan Karena Narkotika

Dilansir dari Tempo, Kamis (08/02/2018), petugas berhasil menyita lebih dari 110,84 kilogram sabu dan 18.300 butir ekstasi. Hal itu menjadikan bukti bahwa wilayah Aceh dan Sumatera Utara merupakan salah satu daerah subur bagi peredaran narkotika di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa perdagangan dan penyelundupan narkoba di Indonesia bisa rugikan negara hingga Rp 135 triliun. Menurutnya, hal itu berdasarkan dari perhitungan illegal drugs trafficking, yang menyatakan nilainya bisa capai 1 persen dihitung dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca juga : Positif Mengandung DNA Babi, Viostin DS Ditarik dari Pasaran

“Kalau merujuk dari illegal drugs trafficking secara internasional maka di Indonesia bicara perdagangan narkotika nilai kerugianya bisa capai Rp 135 triliun,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (08/02/2018).

Sri Muyani menilai bahwa kegiatan penyelundupan narkotika yang ilegal tersebut dapat menyebabkan potensi kerugian negara seperti bea masuk. Pasalnya pengiriman barang biasanya dilakukan di daerah-daerah perbatasan.

“Kalau anda bicara konsumsi di-capture sama dengan melihat bahwa PDB suatu negara tidak memperhitungkan aktivitas yang ilegal ini. Jadi kalau ditanya berapa kemungkinan GDP loss atau PDB tidak terekam, estimasi yang muncul secara internasional sekitar 1 persen,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Caleg Golkar Jawa Barat Yang Terpilih Tidak Boleh Lagi Berpoligami

Caleg Golkar Jawa Barat Yang Terpilih Tidak Boleh Lagi Berpoligami

Purwakarta – Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi menegaskan bahwa seluruh calon anggota legislatif Jawa ...