Home > Teknologi > Sains > Warga di Jakarta dan Sekitarnya Mendengar Suara Aneh Pada Malam Hari, Ini Penjelasan LAPAN

Warga di Jakarta dan Sekitarnya Mendengar Suara Aneh Pada Malam Hari, Ini Penjelasan LAPAN

Jakarta – Warga di Jakarta dan sekitarnya digegerkan dengan munculnya suara aneh yang cukup keras, mirip dengan suara pesawat yang terbang rendah, pada Jumat (9/2/2018) malam.

Warga di Jakarta dan Sekitarnya Mendengar Suara Aneh Pada Malam Hari, Ini Penjelasan LAPAN

“Semacam suara pesawat tapi rada aneh. Ternyata bukan pesawat ya,” tulis akun Twitter @resti0202

“Baru aja gue dengar suara pesawat gitu, tapi sumpah ini bukan suara pesawat biasa. Kenceng banget. Awalnya nggak begitu kenceng, terus kayaknya makin mendekati rumah gue jadi super kenceng,” kata akun Twitter @ilarissa yang mengaku tinggal di Bekasi.

Sejumlah netizen yang tinggal di Yogyakarta dan Palembang juga mengungkapkan hal yang sama melalui media sosial.

Terkait hal ini, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin memastikan bahwa suara tersebut bukanlah suara pesawat karena muncul secara simultan di berbagai daerah.

“Kalau kesaksian dari berbagai wilayah menyebut waktu yang sama, berlangsung beberapa saat, dan biasanya disertai gelombang kejut, ada kemungkinan itu asteroid,” jelas Thomas.

Namun demikian, bila hanya terdengar di lokasi tertentu saja dan ada jeda waktu yang berbeda jauh, kemungkinan sumber suara tersebut bukan dari asteroid, melainkan dari suara-suara lokal saja.

“Dugaan saya itu suara setempat. Karena yang memviralkan banyak orang, ada yang mengait-ngaitkan suara setempat. Sebenarnya, berbeda waktu dan jenisnya, jadi seolah saling terkait,” lanjutnya.

“Kalau suara dilaporkan dari Medan sampai Jogjakarta, pasti bukan asteroid. Apalagi waktunya tidak bersamaan atau bukan dalam rangkaian waktu yang runtut,” terangnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

SBY Tegaskan Intelijen, Polisi, dan TNI Sangat Berperan untuk Hadapi Terorisme

SBY Tegaskan Intelijen, Polisi, dan TNI Sangat Berperan untuk Hadapi Terorisme

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan peran aparat intelijen, polisi dan ...