Home > Ragam Berita > Nasional > Dihiasi Mural, Stren Kali Jagir Surabaya Kini Makin Cantik

Dihiasi Mural, Stren Kali Jagir Surabaya Kini Makin Cantik

Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan kebijakan dengan mencoba mempercantik stren kali yang berada di kawasan Jagir Wonokromo melalui sentuhan mural. Kebijakan itu didasarkan pada kawasan stren kali sering dikenal dengan tempat uang kumuh dan kotor.

Dihiasi Mural, Stren Kali Jagir Surabaya Kini Makin Cantik

Dihiasi Mural, Stren Kali Jagir Surabaya Kini Makin Cantik

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ingin merubah image tersebut sehingga dapat memperindah Kota Surabaya. Setelah rumah-rumah yang ada di kawasan sten kali Jagir Wonokromo tersebut ditertibkan, pemkot ingin mempercantik dinding sepanjang 200 meter tersebut melalui sentuhan mural.

“Kami ingin mempercantik kawasan tersebut dan menyediakan wadah bagi komunitas mural agar tidak mengecat di sembarang tempat,” kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya M. Fikser di ruang kerjanya, Senin (12/02/2018).

Lebih lanjut Fikser menjelaskan bahwa nantinya kedepan setelah pengerjaan mural selesai, pemkot akan melakukan pemasangan lampu, membuat taman dan menanam pohon di sekitar kawasan tersebut.

“Nantinya kawasan tersebut akan menjadi salah satu objek atau spot foto bagi pecinta fotografi,” jelasnya.

Baca juga : Wow, Warga Surabaya Bakal Dibuatkan Ruang Kerja Publik

Saat ditanya alasan memilih sentuhan seni mural untuk mempercantik Surabaya, Fikser menjelaskan bahwa mural merupakan media yang memiliki pesan dan nilai seni yang tinggi. Selain itu, mural juga dicintai oleh anak muda.

“Dibuat foto atau apapun, mural terlihat bagus karena di setiap ukiran mengandung berbagai macam motif dan pesan yang kuat bagi semua orang,” terangnya.

Fikser mengatakan bahwa penggarapan mural melibatkan komunitas mural yang ada di surabaya. Komunitas mural ini diberi ruang dan disiapkan segala macam fasilitas oleh Pemkot Surabaya agar mampu berekspresi melalui mural.

“Kami sediakan media itu supaya mereka mampu mengekspresikan seni mereka di situ, tidak di tempat lain,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Alaska Desak Jokowi Segera Berhentikan Mendagri

Alaska Desak Jokowi Segera Berhentikan Mendagri

Jakarta – Aliansi Lembaga Analisis Kebijakan dan Anggaran (ALASKA) secara mengejutkan ungkapkan permintannya pada Presiden ...