Home > Ragam Berita > Nasional > Polri : Penyerang Gereja St Lidwina Kerap Ajukan Permohonan Paspor

Polri : Penyerang Gereja St Lidwina Kerap Ajukan Permohonan Paspor

Jakarta – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan Suliyono, pelaku penyerangan Gereja St Lidwina bukan hanya satu kali mengurus paspor agar bisa berangkat ke Suriah.

Polri : Penyerang Gereja St Lidwina Kerap Ajukan Permohonan Paspor

“Sudah dua atau tiga kali,” kata Setyo di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (13/2/2018).

Setyo mengatakan Suliyono mengurus paspor sebelum ia datang ke Yogyakarta. Ia mendatangi Kantor Imigrasi Magelang dan Yogyakarta. Namun, kata Setyo, Suliyono terkendala dalam proses administrasi. “KTP dia tidak bisa digunakan untuk meminta paspor hingga ditolak pihak Imigrasi,” ujarnya.

Suliyono melakukan penyerangan di Gereja St Lidwina, Sleman, Yogyakarta. Ia melukai empat orang, yang terdiri dari jemaat, pastor dan seorang polisi. Penyerangan tersebut diduga berkaitan dengan motif jihad.

Setyo mengatakan, dalam interogasi awal, Suliyono mengaku bahwa dia ingin pergi berjihad ke luar negeri. Selain itu, dia mengaku melihat aksi-aksi teror di internet dan ingin melakukan juga.

Meski begitu, menurut Setyo, sampai sekarang kepolisian masih menunggu Suliyono sembuh untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Termasuk mengenai apakah Suliyono bergerak sendiri atau terhubung dengan kelompok tertentu. “Dugaan sementara bekerja sendiri, namun indikasi untuk terhubung dengan suatu kelompok masih didalami,” ujarnya.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengatakan pelaku penyerangan Gereja St Lidwina Suliyono pernah pergi ke Poso. Ia pun diduga terpengaruh paham radikal sehingga melakukan aksi penyerangan. Indikasi ini menguat karena Suliyono juga pernah mengurus paspor ke Suriah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Polda Metro Jaya : Penyebutan Jendral Polri oleh Novel Baswedan Masih Sebatas Asumsi

Jakarta – Polda Metro Jaya masih belum bisa mengungkap siapa sosok di balik penyiraman air ...