Home > Ragam Berita > Nasional > Pilkada 2018, Bambang Soesatyo Imbau Polisi Pantau Media Sosial

Pilkada 2018, Bambang Soesatyo Imbau Polisi Pantau Media Sosial

Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan jelang pilkada 2018 dan pemilu 2019 makin meningkat akun palsu di media sosial yang disalahgunakan untuk menyebarkan fitnah, berita hoax, dan ujaran kebencian. Belakangan ini hoax dan hate speech menyerang Presiden Joko Widodo dan Presiden RI Kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pilkada 2018, Bambang Soesatyo Imbau Polisi Pantau Media Sosial

Karena itu, Bambang meminta Komisi I DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Siber dan Sandi Negara untuk menyikapinya.

“Badan Siber dan Sandi Negara harus melakukan pengawasan intensif terkait penyebaran fitnah, berita hoax, dan hate speech di media sosial yang berpotensi menimbulkan konflik,” kata Bambang di Gedung Parlemen Senayan pada Rabu (14/02/2018).

Bambang juga berharap Komisi I DPR melalui Kemenkominfo, memanggil penyedia media sosial dalam rapat dengar pendapat untuk membahas persoalan tersebut dan menjadikan media sosial yang sehat dan netral.

BSSN juga diharapkan bertindakbobjektif terhadap penyebar fitnah, berita hoax, dan hate speech di media sosial, yakni sesuai dengan hukum yang berlaku.

Masyarakat pun diimbau menggunakan akun media sosial secara bijak. Serta masyarakat melaporkan jika melihat akun-akun yang digunakan untuk menyebarkan fitnah, berita hoax, dan hate speech.

“Apalagi kalau terkait Pilkada dan Pemilu. Laporkan segera ke Kemenkominfo, BSSN, dan Kepolisian,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dari Dalam Tahanan Ahok Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Dari Dalam Tahanan Ahok Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Jakarta – Meski masih mendekam di dalam tahanan, di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, mantan ...