Home > Ragam Berita > Nasional > Survey Terbaru Indo Barometer, Gatot Nurmantyo Saingi Jokowi

Survey Terbaru Indo Barometer, Gatot Nurmantyo Saingi Jokowi

Jakarta – Dalam kontestasi pentas Pilpres 2019 mendatang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini bakal mencalonkan kembali untuk periode kedua kepemimpinannya. Hal tersebut juga yang dilakukan oleh mantan pesaingnya dalam Pilpres 2014 silam, Prabowo Subianto.

Survey Terbaru Indo Barometer, Gatot Nurmantyo Saingi Jokowi

Nama Prabowo juga menjadi kandidat kuat yang bakal mencalonkan kembali ke dalam jajaran capres. Hal tersebut berdasarkan hasil dari survei yang dirilis oleh lembaga survei Indo Barometer di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (15/2/2018).

Meskipun nama kedua tokoh tersebut kembali muncul, namun tak sedikit yang memprediksi bakal ada kandidat kuda hitam yang datang secara mengejutkan. Pasalnya, Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menegaskan bahwa dalam survei yang pihaknya lakukan tersebut, ditemukan ada nama mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Bahkan, dari hasil survei tersebut, nama Gatot menjadi calon presiden yang paling disukai oleh masyarakat di bawah Jokowi dan meninggalkan Prabowo. Menurut Qodori, dengan klasifiksi perolehan di atas 50 persen, Jokowi memang masih menjadi menjadi calon presiden yang paling disukai oleh masyarakat dengan angka 75,1 persen.

“Disusul Gatot Nurmantyo 70,2 persen, Jusuf Kalla 66,2 persen dan Prabowo di tempat keempat dengan angka 64,2 persen,” paparnya.

Ia juga menyebutkan nama-nama lain yang diminati oleh mayarakat, yakni diantaranya ada Agus Harimurti Yudhoyono dengan 61,2 persen, Hary Tanoesoedibjo 57,6 persen dan Anies Baswedan 54,9 persen.

Lantas, disusul dengan Presiden RI Ke-5, Megawati Soekarnoputri 54,5 persen, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar 54,3 persen dan Ketua Umum PKS, Shohibul Iman 50 persen. Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu satu minggu yakni mulai tanggal 23-30 Januari 2018 di 34 propinsi di Indonesia.

Dengan melibatkan 1200 responden dengan kategori memiliki hak pilih dalam Pemilu, survei tersebut menetapkan margin error plus minus 2,38 persen. Adapun metode yang dipakai adalah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Ketum PAN Ajak Sandiaga Silahturahmi Ke Tokoh Aksi Damai 212

Jakarta – Kemarin, Zulkifli Hasan Sebagai Ketum PAN kali ini terlihat bersama calon Wakil Presiden ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135