Home > Ragam Berita > Nasional > Setnov : Deposito yang Dicairkan Bukan dari E-KTP

Setnov : Deposito yang Dicairkan Bukan dari E-KTP

Jakarta – Mantan Ketua DPR Setya Novanto merasa yakin sumber dana sejumlah deposito yang dicairkan oleh kurirnya bernama Abdullah namun dimasukkan ke rekening sekretarisnya Kartika Wulandari bukan berasal dari dana KTP-Elektronik. Menurutnya deposito memang selalu dicairkan saat jatuh tempo, terus dimasukkan kembali dan itu dipertanggungjawabkan sumber-sumbernya.

Setnov : Deposito yang Dicairkan Bukan dari E-KTP

Setnov

“Itu bukan dari hasil kejahatan dari KTP-el,” kata Setya Novanto dalam sidang pemeriksaan saksi di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Dalam sidang, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menghadirkan kurir Setya Novanto bernama Abdullah, yang sudah bekerja untuk Setnov sejak tahun 2000. Abdullah juga bertugas untuk memasukkan pencairan deposito Setnov dan dimasukkan ke rekening sekretaris Setnov Kartika Wulandari maupun ke rekening pribadi Abdullah.

Abdullah juga bertugas untuk menukarkan uang dolar AS dan dolar Singapura menjadi rupiah di tempat penukaran mata uang asing. “Mengenai pembukaan rekening, saya clear-kan bahwa saya tidak tahu pembukaan rekening atas nama Pak Abdullah,” tambah Setnov.

Baca juga: Inilah Alasan KPK Tidak Langsung Tahan Zumi Zola

Novanto pun bertanya soal keberadaan deposito-deposito itu kepada Abdullah. “Deposito-deposito yang sudah dilaporkan ke LHKPN dan ‘tax amenesty’ yang semua sudah dibayar pajaknya, apakah Pak Abdullah tadi menyampaikan tahu hanya fotokopi atau karena mbak Wulan minta tolong ke Pak Abdullah?” tanya Novanto.

“Selain tahu dari fotokopi, itu saya yang bayar, saya yang setor ke bank tax amnesty-nya,” jawab Abdullah.

“Itu tadi ada rekening melalui Pak Abdullah, ada pembayaran untuk anak-anak saya di sana, apakah pembayaran pembelian apartemen di Amerika itu, cicilan-cicilannya itu apakah melalui Pak Abdulkah juga?” tanya Novanto. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Buka-bukaan Lagi Soal Kondisi Internal PKS

Fahri Hamzah Buka-bukaan Lagi Soal Kondisi Internal PKS