Home > Ragam Berita > Nasional > Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Tidak Ada Yang Bisa Melawan

Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Tidak Ada Yang Bisa Melawan

Jakarta – Lembaga survei Indo Barometer kembali merilis hasil surveinya terkait skenario Pilpres 2019 mendatang.

Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Tidak Ada Yang Bisa Melawan

Dalam survei yang dilakukan pada 23-30 Januari 2018 di 34 provinsi ini, dibagi dalam tiga skenario, yaitu skenario pertama, dua pasangan calon antara Joko Widodo melawan Prabowo Subianto, kemudian skenario kedua dua pasang yaitu Jokowi dan Prabowo bersatu, skenario ketiga, Jokowi melawan Mr X.

“Dalam skenario pertama, Prabowo dan Jokowi akan jadi jilid II. Wakilnya siapa belum tau. Bukan cuma elektabilitas. Tapi kualitas dan kecocokan,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari saat acara ‘Dinamika Pilpres 2019, tiga skenario Pilpres 2019, siapa kuda hitam?’ Di Hotel Century Park, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Sedangkan skenario kedua, Jokowi akan berpasangan dengan Prabowo, berhadapan dengan pasangan capres dan cawapres yang lain.

“Kemudian skenario ketiga, Jokowi-Mr X Vs Prabowo Subianto- Mr Y Vs Mr. Fulan dan Mr Fulin,” kata Qodari.

Menurut hasil survei, Jokowi mendapatkan 48,8 % dan Prabowo 22,3% pada skenario pertama. Dia juga memberikan contoh jika Jokowi-Gatot Nurmantyo akan mendapatkan suara 38,4 % saat melawan pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan 20,7 %. Kemudian jika Jokowi-Prabowo akan mendapatkan suara 48% saat melawan pasangan Budi Gunawan-Anies Baswedan.

Bila Jokowi berpasangan dengan Prabowo pada Pilpres 2019 mendatang maka suara uang didapat tidak akan dapat diungguli oleh pasangan manapun.

“Kalau ini terjadi saya bisa katakan Pilpres usai,” kata Qodari.

Survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia, dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Longmarch Ratusan Santri Demi Dukung Cak Imin Jadi Cawapres

Longmarch Ratusan Santri Demi Dukung Cak Imin Jadi Cawapres

Jakarta – Nama Cak Imin yang digadang-gadang menjadi salah satu nama yang akan disandingkan dengan ...