Home > Ragam Berita > Nasional > Meski Cukup Tinggi, Elektabilitas Jokowi Dinilai Belum Aman

Meski Cukup Tinggi, Elektabilitas Jokowi Dinilai Belum Aman

Jakarta – Dalam bursa pencalonan presiden di Pemilu 2019 mendatang, nama Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subinato diprediksi bakal kembali bertemu. Berdasar hasil survei politik yang dilakukan Poltracking, elektabilitas Jokowi disebut berada pada kisaran angka 45%-57%. Sedangkan, elektabilitas Prabowo sendiri berada pada kisaran 20%-33%.

Meski Cukup Tinggi, Elektabilitas Jokowi Dinilai Belum Aman

“Hasil survei menunjukkan bahwa praktis hanya ada dua figur dengan angka keterpilihan dua digit, yakni Jokowi dan Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR saat memaparkan hasil survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

Menurut Hanta, jarak elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo tidak terlalu jauh, yakni antara kurang lebih 20%-25%. Sedangkan di luar dua figur tersebut, elektabilitas semua tokoh baik elite politik lama maupun elite politik baru berada di bawah 5%.

“Karena itu kandidat capres kuat hanya Jokowi dan Prabowo” kata Hanta.

Meski Jokowi memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dari Prabowo, namun Hanta menegaskan bahwa posisi Jokowi selaku calon presiden incumbent dirasa masih belum aman. Hal tersebut, lantaran elektabilitas Jokowi masih di bawah 60%.

Diketahui, Poltracking menyelenggarakan survey pada 27 Januari hingga 3 Februari 2018 silam. Survey tersebut menggunakan metode strafied multistage random sampling. Jumlah sample dalam survei adalah 1200 responden dengan margin of error +/- 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster survei menjangkau 24 provinsi se-Indonesia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Sekjen Gerindra Jelaskan Partainya Keterbatasan Dana Soal Logistik Pilpres 2019

Sekjen Gerindra Jelaskan Partainya Keterbatasan Dana Soal Logistik Pilpres 2019

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memulai penggalangan dana publik untuk kebutuhan politiknya ...