Home > Teknologi > Internet > Inilah Alasan Google Hilangkan Tombol View Image

Inilah Alasan Google Hilangkan Tombol View Image

California – Pada Jumat, 16 Februari kemarin, Google tiba-tiba menghilangkan tombol “view image” dari fitur pencarian gambarGoogle Images.

Inilah Alasan Google Hilangkan Tombol View Image

Padahal, tombol tersebut merupakan hal penting yang memungkinkan pengguna Google melihat dan mengunduh gambar tanpa perlu meninggalkan laman search atau mengunjungi situs tempat gambar dimuat.

Dengan dihilangkannya “View Image”, maka yang tersisa adalah tombol “Visit”. Pengguna pun terpaksa menekan tombol ini dan mengunjungi situs pemuat gambar apabila ingin mengunduhnya.

“Kami meluncurkan beberapa perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs yang berguna,” kicau Google di Twitter pada Selasa (20/2/2018).

“Ini termasuk menghapus tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gambar dalam konteks situs yang memuatnya,” lanjut Google.

Keputusan Google pun menuai kontroversi. Sebagian warganet sudah mulai banyak mengeluhkan proses pencarian gambar yang menjadi makin ribet.

Apalagi, konten di sebuah situs web bisa saja berubah dan tak lagi memuat gambar seperti yang muncul dalam hasil pencarian GoogleImage Search.

Sementara itu, Getty Images menilai fitur search sang raksasa internet sering digunakan untuk mencuri dan memakai gambar tanpa izin atau atribusi kepada pemiliknya, termasuk Getty Images.

“Untuk yang bertanya, betul bahwa perubahan-perubahan ini dalam rangka penyelesaian kami dengan Getty Images,” sebut Google dalam sebuah pernyataan.

“Langkah ini didesain untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dengan kekhawatiran pemilik konten. Kami menghargai keduanya,” lanjut Google. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mulai 1 Mei, XL Akan Blokir Nomor Pengguna Yang Belum Lakukan Registrasi

Mulai 1 Mei, XL Akan Blokir Nomor Pengguna Yang Belum Lakukan Registrasi

Jakarta – Akhir April 2018 mendatang adalah batas waktu pengguna kartu SIM untuk melakukan registrasi, ...