Home > Ragam Berita > Internasional > Inilah Sosok Pendiri Masjid Pertama di Kota London

Inilah Sosok Pendiri Masjid Pertama di Kota London

London – Nama Hadji Mohammad Dollie mungkin terdengar asing di telinga kita, namun nama tersebutlah yang berhasil mendirikan Masjid Regent’s Park yang dibuka pada 1895. Masjid bergaya Victoria di London, Inggris, itu ternyata merupakan masjid pertama di kota London yang berhasil ia dirikan.

Inilah Sosok Pendiri Masjid Pertama di Kota London

World Bulletin mengabarkan bahwa Dollie adalah anak dari ayah berkebangsaaan Skotlandia dan seorang ibu berkebangsaan Melayu. Dollie lahir di Cape Town, Afrika Selatan, pada 1846. Dia membuka Masjid ‘Hanaf’ pertama di Cape Town bersama dengan seorang berkebangsaan Belanda yang memeluk Islam pada 1880-an.

Dollie tiba di London sekitar tahun 1895 dan tinggal di Albert Street bersama kedua putranya. Karena sulit bagi mereka untuk belajar di Afrika Selatan saat itu.

Ia telah diminta oleh komunitas Muslim di London yang saat itu mungkin berjumlah sekitar 200-300 orang, untuk mengajar anak-anak mereka akan Alquran. Hal itu karena Dolli merupakan seorang hafiz (orang yang telah menghafal Alquran). Dollie sepakat dan sejak saat itu, ia memutuskan, untuk mengubah ruang tamunya menjadi sebuah masjid.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Abbas Segera Lakukan Pertemuan dengan Putin

Presiden Abbas Segera Lakukan Pertemuan dengan Putin

Yerusalem – Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan melakukan kunjungan ke Rusia pada 13-16 Juli. Dalam ...