Home > Ragam Berita > Nasional > Waskita Tegaskan Pemasangan Girder Non Standar Perlu Penyesuaian Lain

Waskita Tegaskan Pemasangan Girder Non Standar Perlu Penyesuaian Lain

Jakarta – Dari sejumlah kasus kecelakaan kerja yang terjadi pada proyek infrastruktur yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terungkap girder yang digunakan memiliki ukuran non-standar.

Waskita Tegaskan Pemasangan Girder Non Standar Perlu Penyesuaian Lain

Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Nyoman Wirya Adnyana menjelaskan, ukuran standar sebuah girder yaitu sepanjang 40 meter. Untuk girder tersebut sudah ada standar operasional prosedur yang ditetapkan pada saat proses pemasangan atau errection.

Namun, untuk girder non standar, perlu ada penyesuaian lain pada saat pemasangannya. Ia pun mengaku, adanya kelalaian dalam proses pemasangan girder non standar tersebut.

“Misalnya, kita lalai memperhitungkan kecepatan angin. Kalau dulu girder-nya standar, kecepatan angin barangkali tidak terlalu signifikan. Kalau sekarang karena girder tidak standar,” kata Nyoman saat diskusi bertajuk Penghentian Sementara Konstruksi Layang di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Seperti pada saat pekerjaan overpass Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Girder yang digunakan memiliki panjang 51,6 meter. Meski posisi girder sudah terpasang, namun lantaran posisinya kurang sentris,menimbulkan eksentrisitas.

“Itu karena dia berada pada posisi tidak center, dan ini bisa terguling. Ini adalah proses saat dia dikasih bracing,” kata dia.

Insiden serupa terjadi saat pemasangan girder pada proyek Tol Pasuruan-Probolinggo. Nyoman menyebut, tim pelaksana telah belajar dari pengalaman pemasangan girder pada Tol Bocimi, agar girder non standar tidak lagi dipasang di atas pukul 17.00 WIB. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

JAkarta – Pihak Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim sudah siapkan pemanggilan kedua Ahmad ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135