Home > Ragam Berita > Nasional > Polri Tegaskan Dapatkan Identitas Pemilik Akun Hoax Terkait Pemuka Agama

Polri Tegaskan Dapatkan Identitas Pemilik Akun Hoax Terkait Pemuka Agama

Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan polisi sudah mengantongi identitas sejumlah akun penyebar kabar bohong mengenai kekerasan terhadap sejumlah pemuka agama.

Polri Tegaskan Dapatkan Identitas Pemilik Akun Hoax Terkait Pemuka Agama

“Yang membahas hal tersebut dimotori oleh beberapa akun yang namanya sudah dikantongi Polri. Jadi siap-siap saja jika masih terus menyebarkan hoax seperti itu,” kata Komjen Ari Dono pada Kamis (22/2/2018).

Berdasarkan hasil penyelidikan, ia menjelaskan, penyebaran kabar bohong mengenai kekerasan terhadap pemuka agama dilakukan secara terstruktur dan sistematis. “Misalnya saja dari medsos, diketahui ada puluhan ribu artikel membahas permasalahan penyerangan ustadz, ulama dan tokoh agama. Lalu para aktor itu mengkaitkannya dengan isu kebangkitan PKI,” katanya.

Dia mengatakan penyebaran isu tersebut sengaja digencarkan oleh para buzzer media sosial untuk membangun persepsi dalam masyarakat bahwa keamanan negara sedang genting.

“Hasil penyelidikan menemukan fakta bahwa itu semua hoax. Tujuan hoax itu menggiring opini masyarakat bahwa negara seolah-olah sedang dalam situasi bahaya,” katanya tentang kabar tentang penyerangan terhadap pemuka agama yang menyebar di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan Youtube. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

KPK Diimbau Kembali Ungkap Kasus Suap Cek Pelawat

KPK Tidak Setuju dengan Keputusan Menpan RB Izinkan Mobil Dinas untuk Mudik

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menyatakan tidak setuju terkait ...