Home > Ragam Berita > Nasional > Pemkot Surabaya Rencanakan Pembangunan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Pemkot Surabaya Rencanakan Pembangunan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Surabaya – Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum Prumahan Rakyat dan Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) untuk membangun Kebun Raya Mangrove. Risma mengklaim bahwa Kebun Raya Mangrobe ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia.

Pemkot Surabaya Rencanakan Pembangunan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Risma menjelaskan lebih lanjut bahwasanya kebun raya tersebut rencananya akan dibangun diatas lahan di wilayah sekitar pesisir pantai Gunung Anyar Surabaya. Proyek kebanggaan Pemerintah Kota Pahlawan ini ditargekan sudah mulai berjalan pada tahun ini.

Luas kebun raya itu mencapai lebih dari 100 hektar. Pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, sedang dilakukan pembebasan lahan.

Baca juga : Surabaya Akan Dibangun Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia Tahun Ini

“Tahun ini dibebaskan 30 hektar, nanti gandeng sama tanah kita (milik Pemkot) yang 30 hektar. Tahun depan kami bebaskan lagi 30 hektar. Jadi, kalau nanti bisa ngumpul, bisa lebih dari 100 hektar,” kata Risma seperti yang dilansir dari Jawapos, Kamis (22/02/2018).

Selain itu, Risma juga akan menggandengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selain kebun mangrove pertama di dunia, kawasan tersebut juga akan menjadi kawasan observasi serta pusat pengkajian dan penelitian.

“Mengapa butuh LIPI? Karena nanti dihitung umurnya (mangrove) berapa? kayak gitu semua dengan teori,” lanjutnya.

Fasilitas tambahan yang akan melengkapi Kebun Raya Mangrove nanti juga akan dibangun jembatan bambu yang melintas di atas bozem (waduk). Jembatan tersebut menghubungkan antara Kebun Raya Mangrove dengan Mangrove Information Center (MIC), Wonorejo.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Polisi di Tangerang Tidak Boleh Menyaksikan Piala Dunia 2018

Inilah Alasan Polisi di Tangerang Tidak Boleh Menyaksikan Piala Dunia 2018

Tangerang – Jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada Pilkada 2018, sejumlah aturan diterapkan ...