Home > Ragam Berita > Internasional > Partai Komunis China Inginkan Jabatan Presiden Seumur Hidup

Partai Komunis China Inginkan Jabatan Presiden Seumur Hidup

Tiongkok – Secara mengejutkan, Partai Komunis China kali ini kirimkan permintaan terkaitpenghapusan batas waktu jabatan presiden. Jika hal ini dikabulkan maka Presiden China Xi Jinping bisa menjabat sebagai kepala negara melewati masa akhir jabatannya yang seharusnya berakhir pada 2023.

Partai Komunis China Inginkan Jabatan Presiden Seumur Hidup

Kabaran dari Xinhua mengatakan bahwa proposal itu dibuat oleh Komite Sentral partai, yang saat ini menjadi badan elite paling berkuasa di China.

Dilansir oleh Channel News Asia, Xinhua menuliskan bahwa “Komite Sentral Partai Komunis China mengusulkan untuk menghapus peraturan bahwa Presiden dan Wakil Presiden Republik Rakyat China akan menjabat tidak lebih dari dua periode berturut-turut dari Konstitusi Negara,”

Presiden Xi yang saat ini berusia 64 tahun, diharuskan oleh negara untuk mengundurkan diri sebagai presiden, setelah menjalani jabatan presiden selama dua periode. Jelang akhir masa jabatan pertamanya, Xi akan kembali terpilih untuk kedua kalinya dalam pertemuan parlemen tahunan pada 5 Maret mendatang.

Adanya proposal baru ini memunculkan spekulasi yang terus berlanjut bahwa Xi ingin tetap menjabat lebih dari masa jabatan lima tahun yang sudah ditetapkan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135