Home > Ragam Berita > Nasional > Sidang Perdana PK, Hakim Tak Pernasalahkan Ketidakhadiran Ahok

Sidang Perdana PK, Hakim Tak Pernasalahkan Ketidakhadiran Ahok

Jakarta – Sidang pemeriksaan berkas peninjauan kembali (PK) terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan terhadap agama di PN Jakarta Utara selesai dilaksanakan Senin kemarin.

Sidang Perdana PK, Hakim Tak Pernasalahkan Ketidakhadiran Ahok

Walaupun sidang perdana kali ini tak dihadiri Ahok selaku pemohon, Hakim Mulyadi dalam persidangan tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Ahok. “Pemohon tidak perlu hadir,” katanya.

Setelah majelis hakim menerima berkas dari kedua pihak, Hakim Mulyadi mengatakan bahwa pihaknya akan mengkaji lebih dulu berkas tersebut. Dia memperkirakan masa pengkajian selesai kurang dari satu minggu.

“Ini saya kaji, kalau tidak ada yang kurang dan bukti formil memenuhi syarat, rencana ini saya kaji selesai kurang dari satu minggu dan berkas akan dikirim ke Mahkamah Agung (MA),” kata Ketua Majelis Hakim Mulyadi, di Jakarta, Senin.

“Majelis tidak berkewenangan memutus dan hanya memeriksa bukti formil. Saya harap minggu depan majelis sudah bisa kirim (berkas) ke MA,” lanjut Mulyadi.

Sedangkan di sisi lain, Josefina Agatha Syukur selaku kuasa hukum Ahok menyatakan kasus Buni Yani dijadikan sebagai salah satu dasar novum PK Ahok.

“Kami gunakan salah satunya alasan kekhilafan hakim, ada juga alasan mengenai putusan terkait putusan Buni Yani,” ujar Fina.

(Ikhsan Djuhadnar – harianindo.com)

x

Check Also

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, menteri-menteri yang maju sebagai calon anggota legislatif ...