Home > Ragam Berita > Internasional > Otoritas Saudi Berikan Izin Wanita Mendaftar Militer

Otoritas Saudi Berikan Izin Wanita Mendaftar Militer

Riyadh – Untuk pertama kalinya pemerintah Arab Saudi membuka kesempatan bagi wanita untuk bergabung ke Militer. Sebagaimana diberitakan BBC pada Senin (26/2/2018), pendaftaran dibuka hingga Kamis (1/3/2018) untuk mengisi posisi tentara di provinsi Riyadh, Mekkah, al-Qasim, dan Madinah.

Otoritas Saudi Berikan Izin Wanita Mendaftar Militer

Nanti, wanita yang mendaftarkan diri sebagai tentara tidak akan disiapkan untuk peperangan, melainkan diberi kesempatan untuk ditempatkan di bidang keamanan. Setidaknya ada 12 persyaratan untuk bisa bergabung ke dalam militer Arab Saudi, diantaranya berusia 25 hingga 35, warga negara Arab Saudim dan telah menempuh pendidikan diploma. Wanita dan wali laki-laki mereka seperti ayah, adik laki-laki, atau anak laki-laki harus ditempatkan di provinsi yang sama seperti lokasi kerja mereka.

Keputusan untuk merekrut tentara wanita adalah salah satu dari bentuk reformasi untuk meningkatkan hak wanita yang diperkenalkan beberapa bulan terakhir di kerajaan Muslim konservatif tersebut.

Sebelumnya, Raja Salman telah memperbolehkan wanita mengendarai mobil yang akan mulai berlaku pada Juni mendatang, selain itu penonton wanita juga telah diizinkan untuk menonton pertandingan sepak bola sejak bulan lalu.

Namun aktivis hak asasi manusia mengatakan deskriminasi terhadap sistem perwalian masih utuh meski sudah ada janji pemerintah untuk menghapusnya. Di bawah sistem wanita dewasa harus mendapatkan izin berpergian, menikah, atau meninggalkan penjara. Mereka mungkin juga diminta untuk mendapatkan persetujuan untuk bekerja atau melaksanakan akses layanan kesehatan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pemimpin Senior Katolik Di Korsel Minta Maaf Usai Dituding Lakukan Pelecehan

Pemimpin Senior Katolik Di Korsel Minta Maaf Usai Dituding Lakukan Pelecehan

Seoul – Kabar mengejutkan datang dari Korea Selatan dimana salah satu pemimpin umat senior Katolik ...