Home > Ragam Berita > Internasional > Terkait Nuklir, Dilegasi Korut Bakal Lakukan Dialog dengan AS

Terkait Nuklir, Dilegasi Korut Bakal Lakukan Dialog dengan AS

Pyongyang – Pemimpin delegasi Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin, Kim Yong Chol, mengatakan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Korut bersedia menggelar dialog dengan Amerika Serikat untuk membahas berbagai isu, termasuk soal pengembangan nuklir.

Terkait Nuklir, Dilegasi Korut Bakal Lakukan Dialog dengan AS

Sebagaimana diberitakan USA Today pada Selasa (26/2/2018), Kim Yong Chol menyampaikan pernyataan itu dalam pertemuan dengan Moon di Pyeongchang, Korsel kemarin. Olimpiade Musim Dingin kali ini digelar di Pyeongchang, Korsel.

Kim yang juga mantan kepala intelijen Korut duduk berdekatan dengan putri dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka, dalam acara penutupan olimpiade kemarin. Namun keduanya tidak menjalin komunikasi apa pun.

“Baru-baru ini Korea Utara memperlihatkan mereka secara terbuka bersedia menjalin dialog dengan Amerika Serikat dan AS juga menyatakan pentingnya dialog itu,” kata Moon Jaen, seperti dilansir laman Aljazeera.

Baca juga: Perang Saudara di Sudan Selatan Berdampak pada Kelaparan

“Amerika Serikat perlu menurunkan batasan untuk berbicara dengan Korea Utara dan Korut harus memperlihatkan niat untuk melucuti nuklir mereka. Lebih cepat mereka bertemu lebih baik,” kata Moon.

Gedung Putih menanggapi kabar itu dengan menyatakan AS bersedia berdialog dengan Korut asalkan bertujuan melucuti nuklir Korut. “Kami akan menganggap pesan dari Pyaongyang hari ini yang menyatakan bersedia berdialog sebagai langkah awal untuk menuju denuklirisasi,” kata Gedung Putih. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

India-Pakistan Memanas, Ratusan Orang Mengungsi

India-Pakistan Memanas, Ratusan Orang Mengungsi

New Delhi – Militer India dan Pakistan saling menembakkan persenjataan artileri di wilayah sengketa pada ...