Home > Gaya Hidup > Ancaman Penyakit Bagi Para Penyantap Daging Anjing

Ancaman Penyakit Bagi Para Penyantap Daging Anjing

Jakarta – Ketua Dog Friends Surakarta Fredy Irawan menyebutkan publikasi data tahun 2017 ada sekitar 1.200 anjing yang dibunuh di Surakarta untuk dijadikan santapan alias makanan. Menurut Fredy, sebuah lembaga melansir data tersebut dan menjadikan daging anjing sebagai makanan di 136 warung yang ada di Solo.

Ancaman Penyakit Bagi Para Penyantap Daging Anjing

Ilustrasi

Tak hanya itu, Fredy meyakini praktik-praktik ini dilakukan secara kejam. Sebab, sering kali anjing tidak dipotong, tetapi dicekik atau ditenggelamkan hingga mati.

“Ini penyiksaan. Sebab, pelanggan yakin, daging anjing jauh lebih nikmat jika darah anjing tidak mengalir saat hewan itu dibunuh,” ujar Fredy.

Sementara itu sebuah isu tentang penyiksaan hewan menjadi hal yang tak terbantahkan dalam kasus ini. Padahal ada pula kekhawatiran tentang ancaman penyakit bagi para penyantap daging anjing.

Lantas apa saja penyakit yang menghantui ? Simak penjelasan berikut :

Baca juga : Periode Emas Penanganan Stroke Hanya 4,5 Jam

1. Rabies.
Salah satu bahaya terbesar dari daging anjing adalah tertularnya penyakit rabies dari anjing ke manusia. Dilansir dari laman onegreenplanet.org yang menyebutkan bahwa di Filipina sudah sebanyak 10.000 anjing dan 300 orang mati karena rabies setiap tahunnya.

2. Infeksi Parasit.
Diperkirakan adanya sejumlah penyakit dan infeksi lain yang terkait dengan daging anjing sehingga dapat membahayakan kesehatan manusia. Kemungkinan infeksi parasit pada daging anjing seperti E-Coli dan Salmonella yang bisa membahayakan nyawa manusia.

Selain itu, ada pula infeksi bakteri lain seperti antraks, brucellosis, hepatitis, dan leptospirosis yang dapat menyebar melalui daging anjing ke manusia. Ada pula bakteri yang terkait dengan kolera dimana juga mudah menyebar melalui daging anjing.

Terakhir ada pula trichinellosis yang merupakan parasit zoonosis yang dapat ditularkan dari daging anjing. Orang yang terjangkit dapat mengalami radang pada pembuluh darah, dan kelemahan otot parah. Jika tidak segera mendapatkan penanganan maka orang yang terjangkit bisa mati.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...