Home > Gaya Hidup > Mengapa Saat Liburan Jadi Sulit BAB? Ini Penjelasannya

Mengapa Saat Liburan Jadi Sulit BAB? Ini Penjelasannya

Jakarta – Hampir setiap kita pasti pernah merasakan kesulitan buang air besar (BAB) saat sedang berlibur. Mengapa demikian?

Mengapa Saat Liburan Jadi Sulit BAB? Ini Penjelasannya

Menurut Dr. David Poppers, MD, PhD, gastroenterologist lulusan NYU Langone Health, kesulitan BAB saat sedang berlibur karena adanya interaksi yang luar biasa antara sistem saraf pusat otak, sumsum tulang belakang dan usus.

“Jika Anda stres saat merencanakan perjalanan, atau saat dalam penerbangan, maka hal itu bisa mempengaruhi sistem saraf enterik yang dapat menyebabkan pergerakan usus tidak teratur sehingga perut terasa kembung dan tidak nyaman,” ujar Dr. David Poppers.
Kurangnya asupan air dan serat ketika menikmati liburan juga mempengaruhi sulitnya BAB.

“Banyak orang juga melupakan pentingnya minum air putih saat liburan sehingga menyebabkan dehidrasi. Itu juga bisa mempengaruhi keteraturan buang air besar,” tambahnya.

Karena itu, Poppers menyarankan untuk melakukan yoga guna membantu memusatkan pikiran dan merelaksasi pergerakan usus sehingga sistem pencernaan menjadi lancar.

Selain itu, banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat juga sangat membantu memperlancar pencernaan.

“Tak perlu menahan keinginan buang air besar ketika liburan. Hal ini justru akan membentuk endapan di usus yang membuat tinja mengeras dan sulit dikeluarkan,” kata Poppers.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135