Home > Gaya Hidup > Antibiotik Ternyata Juga Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Antibiotik Ternyata Juga Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Jakarta – Mengkonsumsi antibiotik secara bebas bagi penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri justru dapat meningkatkan resistensi antibiotik dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Antibiotik Ternyata Juga Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Peringatan ini disampaikan oleh Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA), dr. Hari Paraton, SpOG(K), pada acara Simposium Nasional ‘More Protection, Less Antimicrobial’ di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

“Kalau sedikit-sedikit minum antibiotik bebas, maka flora (bakteri) baik di usus akan mati dan kekebalan tubuh menurun. Orang jadi mudah sakit,” ujar dr. Hari.

Karena itu,ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter. Dan bila mengkonsumsinya, harus sampai habis sehingga tidak menyimpannya di rumah.

Selain itu, Hari juga mengingatkan kepada rekan sejawat untuk tidak mudah meresepkan obat antibiotik untuk penyakit ringan seperti pilek, batuk, hingga pasca operasi.

“Klinisi masih takut tidak menggunakan antibiotik. Akibatnya diresepkan antibiotik pada kasus yang sebenarnya tidak perlu-perlu banget antibiotik. Banyak operasi misalnya yang tidak membutuhkan antibiotik,” jelasnya.

Menurut Hari, tubuh manusia sebenarnya sudah dibekali dengan kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri sehingga dapat melawan serangan virus maupun bakteri tanpa harus dibantu obat.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Bunuh Sel Kanker

Inilah Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Bunuh Sel Kanker

Jakarta – Kanker adalah salah satu kondisi yang paling sulit untuk diobati. Bukan hanya karena ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135