Home > Ragam Berita > Nasional > Populi Center : Popularitas Jokowi Kalahkan Prabowo di Kalangan Pemilih Muslim

Populi Center : Popularitas Jokowi Kalahkan Prabowo di Kalangan Pemilih Muslim

Jakarta – Hasil survei yang dilakukan Populi Center memperlihatkan bahwa Presiden Joko Widodo unggul atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kalangan pemilih Muslim, dengan latar belakang organisasi Islam.

Populi Center : Popularitas Jokowi Kalahkan Prabowo di Kalangan Pemilih Muslim

Sebaran pemilih Jokowi di kalangan Muhamadiyah diketahui sebesar 56,4 persen, Nahdlatul Ulama (NU) sebesar 66,0 persen, dan Persatuan Islam (Persis) 61,9 persen.

Tak cuma itu, Jokowi juga unggul di kalangan pemilih Muslim yang tidak terikat dengan organisasi Islam mana pun dengan perolehan 57,1 persen. “Masyarakat Muslim yang masuk organisasi NU adalah pendukung terbesar Jokowi,” kata Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati saat memaparkan hasil survei lembaganya di kantornya, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Sedangkan sebaran pemilih Prabowo di kalangan Muhammadiyah hanya 34,6 persen, NU 25,4 persen, dan Persis 28,6 persen. Angka pemilih Prabowo di luar ketiga organisasi Islam itu juga hanya 27,3 persen.

“Dari latar belakang organisasi Islam Prabowo kalah dengan Jokowi. Pendukung terbesar Prabowo datang dari kelompok Muhammadiyah,” ucap Hartanto.

Survei Populi Center digelar pada 7-16 Februari lalu dengan melibatkan 1200 responden di 120 desa/kelurahan yang tersebar di 120 kecamatan dan di 34 provinsi se-Indonesia.

Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,899 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen dan menggunakan pendanaan internal. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo : "Tenaga Kerja Dari Asing Boleh Masuk, Tapi Rakyat Kita Banyak Yang Nganggur"

Prabowo : “Tenaga Kerja Dari Asing Boleh Masuk, Tapi Rakyat Kita Banyak Yang Nganggur”

Jakarta – Dalam pidato terbarunya kali ini, Prabowo Subianto sempat kirimkan sindiran kepada pemerintah yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135