Home > Ragam Berita > Nasional > Putin Tegaskan Nuklir Baru Rusia Bisa Hindari Sistem Pertahanan AS

Putin Tegaskan Nuklir Baru Rusia Bisa Hindari Sistem Pertahanan AS

Moskow – Rusia mengklaim telah mengembangkan senjata nuklir yang mampu menghindari semua sistem pertahanan rudal yang ada di dunia dan berencana memperkuat rudal jelajahnya berkapabilitas nuklirnya agar bisa menghantam sasaran dimana pun di seluruh dunia. Hal itu disampaikan Presiden Vladimir Putin pada pidato kenegaraan tahunannya di Moskow.

Putin Tegaskan Nuklir Baru Rusia Bisa Hindari Sistem Pertahanan AS

Vladimir Putin

Dalam pidato tersebut, Putin juga memperingatkan bahwa Rusia akan melihat semua serangan nuklir dalam ukuran apa pun terhadap wilayahnya atau negara sekutunya sebagai serangan terhadap Rusia dan akan membalas dengan tindakan serupa. Banyak pihak melihat peringatan Putin ini sebagai pesan kepada Washington di tengah hubungan kedua negara yang semakin memburuk.

“Adalah tugas saya untuk menyatakan hal ini: Setiap penggunaan senjata nuklir melawan Rusia atau sekutu-sekutunya, apakah skala kecil, menengah atau skala lainnya, akan diperlakukan sebagai serangan nuklir di negara kita. Responnya akan instan dan dengan semua konsekuensi yang relevan,” kata Putin sebagaimana diberitakan RT pada Kamis (1/3/2018).

Putin mengatakan, Rusia telah merespons sistem pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) dengan mengembangkan senjata yang tidak dapat ditangkal.

Baca juga: Korban Gempa di Papua Nugini Diperkirakan Bakal Bertambah

Sebuah layar besar di belakangnya menampilkan video dan grafis komputer yang menunjukkan senjata baru Rusia. Dalam salah satu animasi, rudal yang diluncurkan dari Rusia terlihat terbang melintasi Samudera Atlantik mengelilingi ujung Amerika Selatan mengarah ke daratan AS.

“Saya harap semua yang telah saya katakan hari ini akan membuat setiap agresor potensial menjadi sadar,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI Sebut Sah-Sah Saja Gerakan #2019GantiPresiden

Ketua MUI Sebut Sah-Sah Saja Gerakan #2019GantiPresiden

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa sah-sah saja masyarakat melakukan ...