Home > Gaya Hidup > Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Jakarta – Pemerintah melalui program ORI (outbreak response immunization) saat ini sedang bekerja keras untuk menanggulangi ancaman wabah difteri yang cukup meresahkan masyarakat karena dapat menyebabkan kematian.

Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Difteri sendiri merupakan penyakit yang disebabkan kuman Corynebacterium Diphteriae yang menghasilkan racun yang dapat membahayakan tubuh.

Penyakit yang gejalanya mulai muncul setelah dua hingga lima hari terinfeksi ini menyebar melalui kontak dengan percikan atau cairan yang diproduksi dari saluran napas atau dari lesi kulit.

Gejala yang biasanya muncul berupa batuk, suara serak, sakit saat menelan, lemas, dan demam yang tidak tinggi.

Pada pemeriksaan fisik terlihat lapisan berwarna abu-abu dengan bercak putih. Bila lapisan tersebut dilepaskan akan berdarah. Namun bila dibiakan akan menyebar dan mengakibatkan pembengkakan di kelenjar getah bening sekitar leher. Tidak lama kemudian, saluran pernafasan akan tersumbat sehingga muncul suara seperti mengorok saat bernafas.

Menurut Dokter Spesialis Anak RS Siloam Asri Jakarta, dr. Dave Anderson Sp.A, bila keadaan ini dibiarkan bisa mengakibatka kematian.

“Semakin lama nggak ditangani medis atau nggak diobati, maka toksin semakin luas. Pengobatan pakai dua aspek, yakni menangkap difteri dengan diberikan serum atau dengan imunisasi,” ujar dr. Dave, Kamis (2/3/2018).

Dave juga menambahkan, ada tiga penyebab utama kematian pada mereka yang menderita penyakit difteri, yaitu:

Gangguan Pernapasan
Difteri dapat menimbulkan lapisan membran di tenggorokan, sehingga menghambat oksigen yang masuk ke paru-paru dan megakibatkan gagal napas.

Gangguan Jantung
Penyebaran toksin menyebabkan gangguan irama jantung, sehingga membuat seseorang meninggal mendadak.

Gangguan Saraf
Difteri juga bisa mengakibatkan kelumpuhan pada otot pernapasan, sehingga menyebabkan gagal napas.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...