Home > Gaya Hidup > Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Jakarta – Garis putih yang muncul pada kuku kerapkali dijadikan sebuah sinyal dari tubuh. Menurut pendapat umum, sinyal tubuh yang muncul dengan adanya garis putih di kuku itu menandakan bahwa tubuh kita sedang kekurangan kalsium dan vitamin.

Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Namun rupanya arti garis putih di kuku yang sebenarnya tidak sesederhana itu. Bisa jadi itu malah menjadi pertanda bahwa penyakit berat sedang menyerang tubuh kita tanpa kita sadari tanda-tanda awalnya.

Dilansir dari Sidomi, Jumat (02/03/2018), Kuku yang bergaris putih kerap disebut dengan istilah medis punctate leukonychia. Kondisi tersebut muncul bila terjadi sebuah trauma pada kuku.

Baca juga : Ini Tiga Penyebab Utama Kematian Akibat Difteri

Trauma itu pun bukan seperti yang ada pada bayangan Anda seperti misalnya terjepit pintu atau terkena palu. Trauma yang terjadi malah lebih ringan dan sederhana semisal akibat mengetuk jari atau menggigit jari.

Selain trauma, garis putih yang muncul di kuku juga bisa disebabkan oleh sebuah reaksi alergi pada kuteks atau cat kuku yang sedang dipakai. Namun bentuknya tidak hanya satu garis melainkan mengubah warna kuku menjadi putih secara luas.

Penyebab lain garis putih pada kuku adalah adanya penyakit yang serius dan berat seperti sirosis hati. Selain itu, perubahan pada kuku juga disebabkan Anda menderita gagal ginjal, atau pun penyakit jantung.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135