Home > Ragam Berita > Nasional > Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Jakarta – Masih hangat pembahasan mengenai kontroversi pengawasan dalam penggunaan cadar bagi mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Kali ini KH Ma’ruf Amin selaku Ketum MUI akhirnya ikut angkat suara.

Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Beliau ungkapkan penilaiannya bahwa pihak UIN Sunan Kalijaga (Suka) harus memiliki alasan jelas atas pelarangan cadar yang mereka terapkan. Apabila mereka tak mampu menjelaskan dasar yang jelas, justru pelarangan ini tidak sepatutnya diterapkan.

Saat ditemui di Jakarta, dirinya berujar bahwa “Menggunakan cadar itu bagus dari Islam, menutup aurat. Penggunaan cadar itu boleh, tapi ada aspek apa UIN melarang, mengapa?”

Ia menilai, menggunakan cadar merupakan hal yang diperbolehkan dalam agama Islam. Sekaligus hak setiap masyarakat yang sebaiknya tidak dilarang menggunakan aturan tertentu.

Untuk itu, ia meminta pihak UIN Kalijaga memberi penjelasan secara tepat menyelesaikan pelarangan ini. “Kita harus mendengar dulu mengapa cadar itu dilarang, kita tahu dulu aspek apa,” ujar Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Politisi Cantik Ini Puji Cara Anak Jokowi Dalam Berbisnis

Politisi Cantik Ini Puji Cara Anak Jokowi Dalam Berbisnis

Jakarta – Kehidupan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang banyak diperbincangkan oleh publik. Salah satu yang ...