Home > Ragam Berita > Nasional > Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Jakarta – Masih hangat pembahasan mengenai kontroversi pengawasan dalam penggunaan cadar bagi mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Kali ini KH Ma’ruf Amin selaku Ketum MUI akhirnya ikut angkat suara.

Pro Kontra Mahasiswi Bercadar, Apa Kata Ketua MUI ?

Beliau ungkapkan penilaiannya bahwa pihak UIN Sunan Kalijaga (Suka) harus memiliki alasan jelas atas pelarangan cadar yang mereka terapkan. Apabila mereka tak mampu menjelaskan dasar yang jelas, justru pelarangan ini tidak sepatutnya diterapkan.

Saat ditemui di Jakarta, dirinya berujar bahwa “Menggunakan cadar itu bagus dari Islam, menutup aurat. Penggunaan cadar itu boleh, tapi ada aspek apa UIN melarang, mengapa?”

Ia menilai, menggunakan cadar merupakan hal yang diperbolehkan dalam agama Islam. Sekaligus hak setiap masyarakat yang sebaiknya tidak dilarang menggunakan aturan tertentu.

Untuk itu, ia meminta pihak UIN Kalijaga memberi penjelasan secara tepat menyelesaikan pelarangan ini. “Kita harus mendengar dulu mengapa cadar itu dilarang, kita tahu dulu aspek apa,” ujar Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Perbakin Tegaskan Senjata Api Otomatis Dialarang untuk Kegiatan Olahraga

Perbakin Tegaskan Senjata Api Otomatis Dialarang untuk Kegiatan Olahraga

Jakarta – Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) melarang senjata otomatis, baik asli maupun hasil modifikasi, untuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135