Home > Ragam Berita > Nasional > Said Aqil : “Cadar Itu Bukan Ibadah, Bukan Perintah Agama”

Said Aqil : “Cadar Itu Bukan Ibadah, Bukan Perintah Agama”

Jakarta – Said Aqil Siradj selaku Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kali ini mengatakan bahwa tak ada yang salah dengan pelarangan memakai cadar di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga DIY.

Said Aqil : "Cadar Itu Bukan Ibadah, Bukan Perintah Agama"

Saat ditemui di bilangan Senayan, beliau mengungkapkan jika “Tidak salah juga, punya wewenang kan. Punya wewenang ya sudah urusan internal UIN,”

Beliau juga mengatakan bahwa Muslim harus menjaga aurat dengan mengenakan pakaian yang baik. Menurut Said, aturan yang berlaku di UIN tak perlu menjadi perdebatan.

“Yang jelas cadar itu bukan ibadah, bukan perintah agama, (tapi) budaya Arab. Pakai cadar silakan, enggak pakai enggak apa-apa,” ungkapnya.

Said tidak menyalahkan Muslimah yang berketetapan menggunakan cadar. Pelarangan menggunakan cadar untuk kemaslahatan di area privat seperti di perkantoran, tempat belajar dan tempat tertutup lainnya dimungkinkan selama menjaga batasan aurat.

“Tapi asal yang pakai cadar jangan merasa paling Islam, jangan merasa paling sempurna Islamnya, kesempurnaan Islam dalam hati, akhlak dan moral,” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

DPRD Imbau Anies Baswedan Segera Kembalikan Draf Revisi Raperda Reklamasi

DPRD Imbau Anies Baswedan Segera Kembalikan Draf Revisi Raperda Reklamasi

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Untuk ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135