Home > Ragam Berita > Internasional > Diduga Terlibat Jaringan Gulen, Puluhan Guru Ini Ditahan Otoritas Keamanan Turki

Diduga Terlibat Jaringan Gulen, Puluhan Guru Ini Ditahan Otoritas Keamanan Turki

Ankara – Penangkapan terhadap orang-orang yang diduga terlibat kudeta di Turki berlanjut. Kantor kejaksaan Turki memgeluarkan surat perintah menahan 186 orang, termasuk 92 guru, karena didakwa terlibat jaringan Fethullah Gulen dalam kudeta gagal Juli 2016.

Diduga Terlibat Jaringan Gulen, Puluhan Guru Ini Ditahan Otoritas Keamanan Turki

Para guru yang ditahan itu hasil operasi di Ankara dan 19 provinsi di Turki. “Mereka bekerja di sekolah-sekolah yang memiliki jaringan dengan Gulen sebelum ditutup pemerintah,” sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (9/3/2018).

Fethullah Gulen adalah tokoh utama Turki dan seorang ulama yang tinggal di pengasingan Amerika Serikat. Presiden Recep Tayyip Erdogan menuding Gulen berada di balik kudeta gagal 2016.

Dalam operasi lainnya di Konya, Turki tengah, dan 42 provinsi lainnya, aparat keamanan Turki meringkus 84 orang yang disangka memiliki kaitan yang sama. “Polisi menahan delapan anggota jaringan Gulen dan mencari dua lainnya dalam operasi ketiga yang difokuskan di kawasan selatan Turki,” tambahnya.

Menurut laporan sejumlah media, Gulen dan jaringannya berada di balik kudeta gagal di Turki pada 2016. Aksi tersebut mengakibatkan labih dari 250 orang tewas. Namun Gulen membantah semua tudingan yang dialamatkan kepadanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Tewas Dalam Kecelakan Pesawat di Gunung Alpen

Empat Orang Tewas Dalam Kecelakan Pesawat di Gunung Alpen

Bern – Sebuah pesawat kecil dilaporkan jatuh di puncak sungai es Gunung Alpen, Swiss, Jumat ...