Home > Ragam Berita > Internasional > Tujuh Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Tujuh Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Kabul – Teror bom bunuh diri mengguncang wilayah Syiah di ibu kota Afghanistan, Jumat (9/3/2018), menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai beberapa orang lainnya.

Tujuh Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Ledakan terjadi di dekat sebuah acara pertemuan peringatan kematian seorang mantan pemimpin komunitas etnis Syiah Hazara, Abdul Ali Mazari, yang tewas dibunuh Taliban pada 23 tahun lalu.

“Akibat ledakan tersebut tujuh orang dilaporkan terbunuh dan tujuh lainnya mengalami luka-luka,” kata juru bicara kementerian dalam negeri, Najib Danish pada laman media sosial.

Kepala Kepolisian Kabul Mohammad Daud Amin menyampaikan, di antara para korban tewas terdapat seorang anggota polisi. Menurut Amin, pelaku yang berjalan kaki meledakkan bom saat berada di pos pemeriksaan. Diyakini pelaku berniat menghadiri pertemuan, namun gagal karena diidentifikasi polisi.

“Pelaku bom bunuh diri diduga kuat menargetkan acara pertemuan namun gagal masuk dan meledakkan diri di pos pemeriksaan,” kata sebagaimana diberitakan AFP pada Jumat (9/3/2018).

Baca juga: Otoritas Keamanan Sri Lanka Berhasil Ringkus Komplotan Anti-Muslim

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas aksi bom bunuh diri tersebut. Namun teror terjadi di tengah meningkatnya tekanan pada Taliban untuk melakukan pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan.

Pekan lalu, dalam sebuah konferensi internasional, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyampaikan rencananya untuk melakukan pembicaraan dengan para pemberontak dan menawarkan untuk mengakui Taliban sebagai partai politik. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sri Mulyani Ajak Bos IMF Cicipi Kopi Khas Indonesia

Sri Mulyani Ajak Bos IMF Cicipi Kopi Khas Indonesia

Jakarta – Dalam acara Spring Meeting IMF-World Bank, Christine Lagarde selaku Managing Director IMF berkesempatan ...