Home > Ragam Berita > Internasional > Bom Bunuh Diri Meledak di Pos Pemeriksaan Kabul

Bom Bunuh Diri Meledak di Pos Pemeriksaan Kabul

Kabul – Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di sebuah pos pemeriksaan di Ibu Kota Afghanistan, Kabul menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 22 lainnya. Serangan itu diduga kuat menyasar kerumunan orang yang berkumpul untuk memperingati meninggalnya pemimpin politik dari kaum minoritas Syiah, Hazara.

Bom Bunuh Diri Meledak di Pos Pemeriksaan Kabul

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (9/3/2018), seorang polisi dan enam warga sipil tewas dan tujuh warga sipil lainnya terluka saat pelaku pengeboman di hentikan di pos pemeriksaan keamanan. Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Nasrat Rahimi mengatakan, pelaku tampaknya berencana menyerang kerumunan orang yang memperingati kematian Abdul Ali Mazari, pemimpin politik Hazara yang tewas dibunuh Taliban pada 1995.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan ini.Namun, beberapa serangan sebelumnya terhadap minoritas Hazara telah diklaim oleh kelompok yang berafiliasi dengan ISIS meski banyak pejabat keamanan Afghanistan dan dari Barat yang meragukan bahwa kelompok itu bekerja sendirian.

Ledakan itu merupakan insiden terbaru dalam serangkaian serangan mematikan di ibukota Afghanistan. Kurang dari dua pekan yang lalu gerilyawan Taliban menyerang sebuah pos militer, menewaskan 18 tentara pemerintah, sementara seorang pengebom bunuh diri menewaskan tiga orang dan melukai lima lainnya di daerah Shashdarak di Kabul dekat markas besar NATO.

Baca juga: Keamanan Masjid di Sri Lanka Ditingkatkan Pasca Aksi Kekerasan Anti-Muslim

Serangan ini juga terjadi kurang dari dua pekan setelah Presiden Ashraf Ghani meminta Taliban untuk bergabung dalam perundingan damai untuk mengakhiri kekerasan bersenjata yang telah berlangsung selama lebih dari 16 tahun di negara itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Proyek Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Siap Dirilis

Proyek Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Siap Dirilis

Riyadh – Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan proyek reaktor nuklir pertama di Arab Saudi. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135