Home > Ragam Berita > Internasional > Wow, Pemerintah Inggris Dikabarkan Bangun Penjara Terbesar di Nigeria

Wow, Pemerintah Inggris Dikabarkan Bangun Penjara Terbesar di Nigeria

Lagos – inggris membayar pembangunan sayap baru di salah satu penjara terbesar di Nigeria untuk membantu mempercepat pengiriman tahanan dari penjara di Inggris. Pembangunan yang dilaporkan menghabiskan biaya hingga 700.000 poundsterling (sekira Rp13 miliar) itu akan menambahkan sebuah paviliun berkapasitas 112 tempat tidur di Penjara Kiri Kiri di Ibu Kota Lagos.

Wow, Pemerintah Inggris Dikabarkan Bangun Penjara Terbesar di Nigeria

Ilustrasi

Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson mengatakan, pembangunan sayap baru itu akan memungkinkan tahanan warga Nigeria yang menjalani hukuman di Inggris untuk pulang ke kampung halaman mereka dan menyelesaikan masa hukuman.

Kedua negara menyepakati perjanjian transfer tahanan pada 2014. Dengan perjanjian tersebut, warga negara salah satu negara yang melakukan kejahatan di negara lainnya akan menjalani hukuman di negara asalnya.

Berdasarkan data Kementerian Kehakiman Inggris sebagaimana diberitakan BBC pada Jumat (9/3/2018), terdapat 320 tahanan warga Nigeria di penjara Inggris pada akhir 2016. Jumlah itu setara 3% dari populasi tahanan asing di Inggris.

Biaya pembangunan paviliun tambahan tersebut akan dibayarkan oleh Dana Konflik, Stabilitas dan Keamanan Pemerintah Inggris. Johnson mengatakan, langkah itu akan membantu meningkatkan kapasitas pelayanan penjara di Nigeria.

Baca juga: Bom Bunuh Diri Meledak di Pos Pemeriksaan Kabul

“Pemberian bantuan ini sejalan dengan tujuan keamanan dan stabilitas pemerintah di Afrika Barat,”kata Johnson.

Pada akhir 2016 hanya ada kurang dari 10.000 warga asing dalam populasi penjara InggrisDari jumlah tersebut, 19% di antaranya berasal dari negara-negara Afrika. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Riyadh – Warga Arab Saudi di sekitar kediaman Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, dikejutkan ...