Home > Ragam Berita > Internasional > Inilah Alasan Trump Sepakat Lakukan Pertemuan dengan Pemimpin Korut

Inilah Alasan Trump Sepakat Lakukan Pertemuan dengan Pemimpin Korut

Washington – Pejabat senior di Washington mengungkap alasan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersedia menemui Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pertemuan kedua pemimpin yang saling berseteru itu direncanakan akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang.

Inilah Alasan Trump Sepakat Lakukan Pertemuan dengan Pemimpin Korut

“Presiden Trump telah memiliki reputasi mengenai pembuatan kesepakatan,” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu setelah Trump menyatakan kesediaannya bertemu dengan Kim.

“Kim Jong Un adalah satu-satunya orang yang dapat membuat keputusan berdasarkan sistem otoriter, otoriter yang unik, atau totaliter mereka. Oleh karena itu masuk akal untuk menerima undangan untuk bertemu dengan satu orang yang benar-benar dapat membuat keputusan alih-alih mengulangi hukuman keras jangka panjang seperti di masa lalu,” ujarnya sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (9/3/2018).

Trump menyatakan bersedia untuk melakukan pertemuan tersebut setelah mendapatkan pengarahan dari Utusan Khusus Presiden Korea Selatan (Korsel) Chung Eui-yong mengenai hasil pertemuannya dengan Kim di Pyongyang awal pekan ini. Chung mengatakan bahwa Kim menunjukkan keinginannya untuk melakukan denuklirisasi dan bersedia menunda uji coba nuklir dan rudal balistiknya.

Baca juga: Wow, Pemerintah Inggris Dikabarkan Bangun Penjara Terbesar di Nigeria

Pesan Kim itu disampaikan Chung kepada Trump secara lisan tanpa ada surat tertulis dari sang penguasa Korut.Jika pertemuan tersebut akhirnya terwujud, maka peristiwa itu akan menjadi pertemuan puncak pertama yang terjadi antara AS dan Korut.

Meski telah setuju untuk bertemu, Trump menegaskan bahwa sanksi terhadap Korut tidak akan dicabut sebelum ada kesepakatan yang tercapai antara kedua belah pihak. Menurut pejabat tersebut, AS tidak akan menyetujui kesepakatan dengan Korut jika tidak memasukkan denuklirisasi permanen di dalamnya. (Tita Yanuantari – harainindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Tewas Dalam Kecelakan Pesawat di Gunung Alpen

Empat Orang Tewas Dalam Kecelakan Pesawat di Gunung Alpen

Bern – Sebuah pesawat kecil dilaporkan jatuh di puncak sungai es Gunung Alpen, Swiss, Jumat ...